Kuala Lumpur (ANTARA) - Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim memimpin delegasi Malaysia untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-44 dan ke-45 di Vientiane, Laos, yang berlangsung pada 8-11 Oktober 2024.

Keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri Malaysia (Wisma Putra) diterima di Kuala Lumpur, Selasa, mengatakan selain menghadiri KTT ASEAN, PM Anwar juga akan menghadiri KTT antara ASEAN dengan tujuh Mitra Dialog yakni Australia, China, Jepang, India, Korea, Amerika Serikat dan Kanada.

Pertemuan lain yang juga akan dihadiri PM Malaysia, menurut Wisma Putra, yakni KTT Tripartit ASEAN, KTT Asia Timur dan KTT ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Selanjutnya, Pertemuan Pemimpin Komunitas Nol Emisi Asia, sesi tatap muka antara Pemimpin ASEAN dan perwakilan dari Majelis Antar Parlemen ASEAN (AIPA), perwakilan Pemuda ASEAN dan Dewan Penasihat Bisnis ASEAN (ABAC).

Menurut keterangan itu, Malaysia juga akan menyatakan pendiriannya mengenai isu Laut China Selatan serta perkembangan di Myanmar, Palestina dan Timur Tengah.

Partisipasi Malaysia dalam sejumlah KTT di Laos sebagai komitmen kuat Malaysia terhadap ASEAN, serta upaya untuk meningkatkan kerja sama dan integrasi regional, memajukan dan menjaga perdamaian, stabilitas dan kemakmuran di dalam dan luar kawasan Asia Tenggara, menurut keterangan Wisma Putra.

Kesempatan yang sama akan menjadi tempat bertukar pandangan mengenai berbagai isu, termasuk upaya pengembangan komunitas ASEAN dan Visi Komunitas ASEAN 2045, perdamaian dan stabilitas regional, integrasi ekonomi regional, ekonomi hijau, teknologi baru terbarukan, transisi energi, ketahanan pangan dan proses menuju keanggotaan penuh Timor Leste di ASEAN, serta hubungan ASEAN dengan mitra eksternal.

Pada upacara penutupan KTT ASEAN ke-44 dan ke-45 serta KTT terkait lainnya, Laos sebagai Ketua ASEAN tahun 2024 akan menyerahkan Keketuaan kepada Malaysia sebagai Ketua ASEAN tahun 2025.

Baca juga: Sekjen ASEAN sebut optimalisasi UMKM sebagai dayatarik ekonomi
Baca juga: RI harapkan ASEAN lebih responsif terhadap isu kesenjangan pembangunan
Baca juga: Meninjau persiapan KTT ASEAN di Vientiane

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2024