Jakarta (ANTARA) -
Singapura adalah negara yang terletak di ujung Semenanjung Malaya dan dikenal sebagai negara terkaya serta terbersih se-Asia Tenggara.
 
Selain menjadi pusat bisnis terbesar dan memiliki kebijakan lingkungan yang ketat, Singapura juga memiliki pendidikan yang menempati peringkat tinggi untuk level Asia bahkan seluruh dunia.

Baik itu lembaga pendidikan negeri maupun swasta, Singapura memiliki inovasi dan kualitas pendidikan yang unggul sebagai daya tarik seperti di National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU).

Meskipun Singapura memiliki wilayah yang kecil, negara ini memiliki destinasi wisata dan infrastruktur yang menarik dan modern. Tempat-tempat yang sering dikunjungi seperti Marina Bay Sands, Sentosa Island, hingga Merlion Park.
 
Tak hanya itu, negara dengan ikon patung air mancur bertubuh ikan dan berkepala singa ini merupakan negara maju yang memiliki kualitas hidup masyarakat yang baik dengan penghasilan yang tinggi.
 
Oleh sebab itu, Singapura sering menjadi negara pilihan dan impian bagi banyak orang untuk menuntut ilmu, menjadi tempat tinggal, atau sekedar berkunjung liburan.
 
Lantas, berapakah biaya hidup di Singapura? Berikut penjelasan mengenai estimasi biaya hidup di Singapura yang perlu dipersiapkan.

 
Biaya hidup di Singapura
 
Biaya hidup di Singapura tergolong tinggi dibandingkan dengan banyak negara di Asia Tenggara lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti lokasi dengan akses yang strategis, gaya hidup, dan pertumbuhan ekonomi.
 
1. Biaya tempat tinggal
 
Satu hal yang pasti, apabila Anda ingin menyewa apartemen di pusat kota Singapura harganya bisa sangat mahal. Kendati demikian, terdapat beragam pilihan akomodasi tempat tinggal apabila Anda berkunjung atau menetap di Singapura sebagai berikut:
  • Asrama kampus: Setiap kampus dapat memiliki harga yang berbeda. Misalnya NUS memiliki asrama seharga 86-225 dolar Singapur per minggu, sedangkan asrama NTU memiliki harga sekira 319-688 dolar Singapura per bulan.
  • Student hostel: Harga kamar sekira 350-1800 dolar Singapura.
  • Homestay: Harga kamar sekira 800-2.600 dolar Singapura per bulan.
  • Apartemen: Jika berbagi kamar, biasanya memiliki harga sekira 500-1.800 dolar Singapura per bulan, sedangkan harga sewa kamar sendiri sekira 2.200-5.000 dolar Singapura per bulan.
Selain itu, harga tempat tinggal juga tergantung dari lokasi wilayah Anda berada. Beberapa wilayah Singapura yang memiliki harga sewa murah seperti di Woodlands dan Jurong.

Apabila Anda ingin memiliki tempat tinggal di Singapura berupa apartemen, Anda perlu mengeluarkan biaya sekira 28.073,07 dolar Singapura untuk membelinya di lokasi pusat kota dan sekira 18.340,85 dolar Singapura untuk di luar pusat kota.

Baca juga: Ingin tinggal di Arab Saudi? segini biaya hidup perbulannya
Baca juga: Anggaran yang harus Anda keluarkan untuk biaya hidup di Hong Kong

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024