Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Agama akan terus mengupayakan agar masjid-masjid di seluruh Indonesia memiliki perpustakaan sebagai upaya meningkatkan literasi dan edukasi di kalangan masyarakat.
 
"Kami terus berupaya mengembangkan perpustakaan masjid sebagai pusat literasi dan edukasi bagi masyarakat," ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Kemenag tingkatkan kualitas SDM pengurus perpustakaan masjid di Sulut
 
Kamaruddin mengatakan sekitar 845 perpustakaan masjid telah terdata di Elektronik Literasi Pustaka Keagamaan Islam (ELIPSKI).
 
Jumlah tersebut masih tergolong kecil jika dibandingkan dengan jumlah masjid dan mushala yang terdata di Kementerian Agama. Jumlah masjid yang terdata di Kemenag saat ini adalah 307 ribu masjid dan 375 ribu mushala.
 
"Kita perlu mendata, sudah berapa persen masjid kita yang memiliki perpustakaan dan sudah dikunjungi berapa orang," ujar Kamaruddin.
 
Menurutnya, saat ini sudah tersedia 4.000 judul buku di perpustakaan masjid digital yang bisa diakses melalui ELIPSKI. Meski demikian, masih diperlukan identifikasi terkait buku-buku yang dibutuhkan masyarakat sebagai sumber rujukan berkualitas.
 
Kamaruddin mengatakan program ini juga ditargetkan untuk menjangkau masjid di pelosok Indonesia, yang sering kali menghadapi kendala dalam menyediakan bahan bacaan bermutu.
 
"Kemenag berharap perpustakaan masjid dapat menjadi pusat pengetahuan yang inklusif dan berkelanjutan. Kami berkomitmen untuk terus memperluas dan memperkaya koleksi perpustakaan masjid di seluruh Indonesia, baik melalui pengadaan buku fisik maupun digital yang berkualitas," kata dia.

Baca juga: Kemenag sebut masjid harus jadi pusat literasi keagamaan Islam

Baca juga: Dinas Perpustakaan Sumsel bantu pengembangan perpustakaan masjid
 
Ia meminta perwakilan Kantor Wilayah Kemenag dan pengelola perpustakaan masjid seluruh Indonesia untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, seperti pemerintah daerah, perpustakaan daerah, penerbit buku, hingga komunitas literasi untuk pemenuhan kebutuhan perpustakaan.

"Perpustakaan masjid ini merupakan salah satu ikhtiar untuk meningkatkan budaya literasi di kalangan masyarakat, terutama di daerah-daerah yang minim akses terhadap perpustakaan umum," kata dia.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024