Jakarta (ANTARA) - Bandung merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki sejumlah perguruan tinggi, menjadi incaran banyak pelajar untuk menempuh pendidikan tinggi atau kuliah.

Bandung menyediakan berbagai kampus terbaik, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Padjadjaran (UNPAD), Telkom University, Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR).

Kira-kira berapa biaya hidup di Bandung untuk seorang mahasiswa rantau? yuk simak berikut rinciannya dilansir dari berbagai sumber:

Tempat tinggal

Biaya hidup di Bandung yang perlu diperhitungkan mahasiswa pertama yakni tempat tinggal. Ada banyak pilihan tempat tinggal yang bisa dipilih mahasiswa rantau ke Bandung untuk biayanya juga bervariasi tergantung jenis tempat tinggal serta fasilitas yang dipilih.

Untuk tempat tinggal dengan opsi sewa kamar kost memerlukan biaya termurahnya mulai dari Rp500.000 per bulan dengan fasilitas standar dan tanpa AC, sedangkan untuk kos dengan fasilitas lengkap, biasanya kisaran harga sekitar Rp1.000.000 per bulan.

Opsi sewa apartemen juga bisa dipilih sebagai tempat tinggal mahasiswa rantau, namun biayanya akan cukup mahal yaitu mulai dari harga Rp3.000.000 sebulan. Selain itu, beberapa kampus biasanya juga menyediakan asrama yang harga sewanya mulai dari Rp450 ribu per bulan.

Biaya makan

Makanan dan kebutuhan lainnya juga cukup murah di Bandung. Makan di warung sederhana mengenakan biaya Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu per orang untuk makan nasi beserta lauk pauk daging.

Biaya hidup yang perlu diperhitungkan mahasiswa selanjutnya yakni biaya makanan dan minuman. Terdapat sejumlah warung makan di Bandung yang menyediakan harga Rp15 ribu per porsi untuk makan nasi beserta lauk pauk. Satu hari bisa mengeluarkan budget untuk biaya makan sebesar Rp50 ribu.

Namun, jika ingin menghemat biaya makan bisa masak sendiri di kost dengan harga murah menyesuaikan bahan makanan yang ingin dimasak.

Biaya transportasi

Selanjutnya, yang perlu dimasukkan dalam rincian biaya hidup mahasiswa di Bandung adalah biaya transportasi. Di Bandung tersedia berbagai jenis transportasi umum yang bisa digunakan jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, seperti ojek online, bus, dan angkutan kota (angkot).

Bandung memiliki transportasi umum berupa Teman Bus dengan tarif Rp2 ribu khusus untuk pelajar dan mahasiswa. Ada juga angkutan kota (angkot) dengan harga sekali jalan Rp3.000 hingga Rp5.000.

Biaya kebutuhan lainnya

Selain itu, Bandung memiliki banyak destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi. Sebagai seorang mahasiswa Anda tentu tidak ingin melewatkan masa kuliah tanpa mengunjungi berbagai tempat hiburan di Bandung.

Ada banyak pilihan wisata yang ramah di kantong mahasiswa. Mulai dari yang mainstream seperti bioskop atau cafe, hingga yang hanya ada di Bandung seperti alun-alun, Jalan Asia-Afrika, hingga tempat rekreasi di Lembang. Untuk biaya hiburan, Anda bisa menyisihkan dana sekitar Rp200 ribu.

Selain itu, Anda juga perlu menyisihkan dana untuk kebutuhan lainnya, seperti fotocopy maupun kebutuhan bulanan dengan dana kisaran Rp500 ribu. Namun biaya tersebut bisa berbeda untuk setiap mahasiswa tergantung gaya hidup.

Baca juga: Deretan 5 kota di Indonesia dengan biaya hidup termahal

Baca juga: Anggaran yang harus Anda keluarkan untuk biaya hidup di Hong Kong

Baca juga: Kisaran biaya hidup di Taiwan tahun 2024

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024