Jakarta (ANTARA) - Wakil Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Madya TNI Andyawan bersama jajaran TNI AU membahas rencana penempatan pesawat baru milik TNI AU, yakni Airbus A400 Multi-Role Tanker Transport (MRTT) yang dijadwalkan datang dalam waktu dekat.

"Penempatan yang tepat akan menjadi kunci untuk memastikan kesiapan maksimal dan respons cepat dalam berbagai skenario," kata Andyawan saat memimpin rapat di Mabes TNI AU, Jakarta Timur, Senin, sebagaimana siaran pers resmi yang diterima ANTARA.

Menurut Andyawan, pesawat Airbus A400 MRTT akan mendukung ragam operasi militer yang digelar TNI AU, dari mulai misi penguatan pertahanan hingga operasi militer selain perang.

Andyawan menjelaskan ragam kemampuan pesawat Airbus A400 MRTT ini mulai dari mengirim personel, logistik, air-to-air refueling hingga misi nonmiliter, seperti bantuan kemanusiaan dan bencana alam.

Baca juga: TNI AU lakukan pemeliharaan Hercules untuk tingkatkan performa pesawat

Tidak hanya itu, kehadiran pesawat angkut itu juga akan memperkuat posisi TNI dalam mempertahankan kedaulatan negara karena alutsista ini menjadi salah satu aset andalan TNI AU.

Dalam rapat itu, TNI AU akan menentukan penempatan tugas pesawat tersebut dan upaya peningkatan infrastruktur yang harus dilakukan TNI AU untuk merawat pesawat.

"Kesiapan pergelaran alutsista bukan hanya tentang mengoptimalkan seluruh sistem dan infrastruktur yang sudah tersedia saat ini, namun juga mempertimbangkan dampak pergelaran ini terhadap renstra TNI AU berikutnya," kata Andyawan.

Dengan menempatkan pesawat Airbus A400 MRTT pada tempat yang tepat serta peningkatan infrastruktur perawatan pesawat, Andyawan yakin unit ini akan berfungsi secara maksimal dalam membantu operasi militer TNI AU.

Dalam rapat tersebut hadir beberapa pejabat TNI AU, antara lain Kaskoopsudnas, Irjenau, Koorsahli Kasau, Asrena Kasau, Asintel Kasau, Asops Kasau, Aspers Kasau, Aslog Kasau, Aspotdirga Kasau, Waaskomlek Kasau, Kapuslaiklambangjaau, Kadisopslatau, Kadisaeroau, Kadiskonsau, dan Kasatgas A400.

Baca juga: Airbus mengenalkan pesawat A400M pesanan Indonesia di BIAS
Baca juga: TNI AU sambut kedatangan pesawat Falcon 8X di Halim Perdanakusuma

Pewarta: Walda Marison
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024