Inovasi-inovasi yang dihasilkan berusaha mengubah data-data yang bersifat strategis menjadi informasi berkualitas tinggi
Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mendorong inovasi pemanfaatan data strategis untuk pengambilan kebijakan, melalui konferensi internasional di bidang informatika bertajuk "The 11th International Conference on Computer, Control, Informatics and its Applications (IC3INA) 2024".

Konferensi dilaksanakan secara daring dan luring pada Rabu-Kamis, 9-10 Oktober 2024, di KST Samaun Samadikun, Bandung, dengan mengusung tema “Data-driven Innovation: Informatics in Predictive Analytics and Computing”.

"Inovasi-inovasi yang dihasilkan berusaha mengubah data-data yang bersifat strategis menjadi informasi berkualitas tinggi. Informasi ini kemudian yang menjadi dasar pada proses pengambilan keputusan," kata Kepala Pusat Riset Sains Data dan Informasi (PRSDI) BRIN Esa Prakasa melalui keterangan di Jakarta, Senin.

Esa mengatakan IC3INA 2024 bertujuan mengkomunikasikan hasil-hasil riset terkini di bidang informatika, sains data dan informasi, komputer, serta aplikasi-aplikasi terkait yang dihasilkan oleh para peneliti ke komunitas ilmiah, dunia industri, serta masyarakat luas.

Baca juga: BRIN: Pemanfaatan sains data dapat tingkatkan produktivitas pertanian

Gelaran ini, kata dia, juga menjadi ajang aktualisasi diri bagi para periset serta talenta muda untuk berinteraksi dengan para pakar yang telah berpengalaman di bidang informatika.

"Dengan adanya komunikasi secara langsung diharapkan dapat menumbuhkan kolaborasi-kolaborasi baru, terutama kolaborasi dengan dunia industri," ujarnya.

Sebagai bentuk implementasi dari konferensi internasional ini, Esa menyebut pihaknya akan membantu para periset baik dalam meningkatkan kualitas hasil riset maupun melakukan kolaborasi dengan pihak-pihak yang ditemui selama penyelenggaraan IC3INA.

Baca juga: BRIN kembangkan aplikasi biosensor untuk pantau kesehatan

"PRSDI akan mendorong agar publikasi Prosiding IC3INA di IEEE Xplore bisa dilakukan sesegera mungkin di tahun 2024. PRSDI akan melanjutkan kegiatan IC3INA 2025 serta mencari peluang baru agar konferensi terselenggara lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya," ucap Esa.

Diketahui, beberapa topik yang akan dibahas dalam IC3INA ini antara lain data science, informatics & data processing, ICTs Applications, hingga computer networking and control.

Adapun sejumlah pembicara luar negeri yang akan hadir dalam konferensi ini berasal dari Korea Selatan, Taiwan, Inggris, Australia, Jepang, Malaysia, Siprus, India, Amerika Serikat, Sri Lanka, Saudi Arabia, Irak, Rusia, dan Afghanistan.

Sedangkan dari Indonesia akan hadir perwakilan dari BRIN dan pembicara paralel dari beberapa perguruan tinggi ternama Indonesia.

Baca juga: BRIN dorong lembaga riset swasta perkuat ekosistem riset nasional

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024