Program yang disiapkan untuk membantu kebutuhan mulai dari segi kesehatan, pendidikan, sosial dan lainnya
Jakarta (ANTARA) - Wakil Bupati Kepulauan Seribu Muhammad Fadjar Churniawan mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) agar terlibat langsung menyukseskan program Badan Amil Zakat Nasional/ Badan Zakat Infak Sedekah (Baznas Bazis) dalam mendistribusikan dan mendayagunakan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) di wilayahnya.

"Tentunya ASN menjadi pendukung utama bisa menyukseskan program yang disiapkan Baznas Bazis Kabupaten Kepulauan Seribu, termasuk dalam mengumpulkan ZIS serta dukungan lainnya," kata Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Muhammad Fadjar Churniawan di Jakarta, Senin.

Baca juga: Pemkab ajak warga kembangkan pertanian di Kepulauan Seribu

Ia mengatakan program yang disiapkan Baznas Bazis Kabupaten Kepulauan Seribu, nantinya akan digunakan secara maksimal untuk masyarakat penerima manfaat sehingga perlu didukung secara maksimal.

Dia mengakui program yang disiapkan Baznas Bazis Kabupaten Kepulauan Seribu bisa memberikan kemudahan bagi para penerima manfaat.

"Program yang disiapkan untuk membantu kebutuhan mulai dari segi kesehatan, pendidikan, sosial dan lainnya," kata dia.

Baca juga: Wabup soroti kerawanan Pilkada di Kepulauan Seribu terkait iklim-cuaca

Sementara itu, Plt Koordinator Baznas Bazis Kepulauan Seribu, Lukman Hakim menjelaskan terdapat tiga program distribusi dan pendayagunaan ZIS di Kabupaten Kepulauan Seribu.

Ia menyebutkan tiga program itu meliputi Semua Bisa Makan (santap gratis), Saudagar Tangguh (modal usaha), dan JakBee (kewirausahaan).

"Semua program ini melibatkan masyarakat Kepulauan Seribu. Kami harapkan Kabupaten Kepulauan Seribu bisa terlibat aktif mendukung program tersebut," kata dia.

Baca juga: Wabup minta ASN bersikap netral di Pilkada Jakarta

Sebelumnya Badan Amil Zakat Nasional-Badan Amil Zakat Infak Sedekah (Baznas-Bazis Kabupaten Kepulauan Seribu menargetkan ZIS yang berhasil dikumpulkan di wilayah tersebut mencapai Rp5,5 miliar pada 2024.

Pada tahun 2023 pengumpulan ZIS sebesar Rp2,74 miliar dan proyeksi pengumpulan pada tahun ini menjadi Rp5,5 miliar.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024