Kami sudah melakukan pendataan terhadap sejumlah sarana dan bangunan yang rusak di objek wisata yang berada di Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok in
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Perbaikan sejumlah sarana yang rusak di objek daya tarik wisata (ODTW) Geyser Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat masuk dalam program prioritas Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi.

"Kami sudah melakukan pendataan terhadap sejumlah sarana dan bangunan yang rusak di objek wisata yang berada di Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok ini," kata Kepala Dispar Kabupaten Sukabumi Sendi Apriadi di Sukabumi, Senin.

Menurut Sendi, dari hasil pendataan tersebut ada sejumlah sarana penunjang untuk wisatawan seperti gazebo yang kondisinya rusak dan dikhawatirkan ambruk serta terjadi hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, ada beberapa fasilitas lainnya yang harus diperbaiki untuk menunjang aktivitas wisatawan agar lebih merasa nyaman. Program renovasi atau perbaikan sarana di salah satu objek wisata andalan Kabupaten Sukabumi sudah masuk dalam program prioritas sehingga dalam waktu dekat perbaikan sudah bisa terlaksana.

Untuk mempercepat proses perbaikan, pihaknya sudah mengajukan anggaran ke Pemkab Sukabumi serta meminta penghapusan aset yang sudah rusak dan diharapkan perbaikan bisa direalisasikan tahun ini atau paling lambat awal 2025.

"Sebelum dilaksanakan perbaikan, kami terlebih dahulu menyelesaikan penghapusan aset yang sudah tidak bisa direnovasi. Sehingga selain perbaikan kami pun akan menambah fasilitas pendukung kegiatan wisata lainnya di Geser Cisolok ini," tambahnya.

Di sisi lain, Sendi mengatakan, dalam pengelolaan dan perbaikan objek wisata air panas, pihaknya melibatkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sukabumi dan telah melakukan diskusi, karena memakan anggaran perbaikan cukup besar, sementara untuk nilai anggarannya masih dalam perhitungan.

Pihaknya mengaku terbantu dengan keberadaan Pokdarwis khususnya dalam pengelolaan ODTW Geyser Cisolok. Maka dari itu, pihaknya menginginkan perbaikan dan pembangunannya bisa maksimal meskipun diakuinya memakan anggaran yang besar.

Apalagi seperti diketahui, hanya ada beberapa negara yang memiliki geyser, bahkan untuk geyser seperti yang ada di Kecamatan Cisolok ini merupakan yang paling langka dan hanya ada dua di dunia selain di Cisolok satu lagi ada Brasil.

Baca juga: Curug Cierang menjadi destinasi wisata andalan baru Pemkab Sukabumi
Baca juga: Pengelola Geyser Cisolok Sukabumi lakukan digitalisasi layanan

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024