Ibu Kota Nusantara (ANTARA) - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) dengan BUMN Karya salurkan bantuan Pendidikan di Ibu Kota Nusantara (IKN), mulai dari beasiswa hingga sarana dan prasarana sekolah di IKN pada Jumat (4/10). Pemberian kedua bantuan tersebut ditandai dengan simbolisasi pemberian bantuan kepada perwakilan penerima bantuan.

Acara penyerahan beasiswa tersebut turut dihadiri Kepala Biro Sumber Daya Manusia Polda Kaltim, Komisaris Besar Polisi Dr. Irvan Prawira Satyaputra, S.I.K., M.Si.

Melalui kegiatan ini, WIKA dan PTPP secara resmi menyerahkan beasiswa senilai Rp185 juta kepada 37 putra-putri anggota TNI dan Polri di Balikpapan, Kalimantan Timur. Bantuan ini sekaligus menjadi rangkaian program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN sebagai bentuk apresiasi bagi para anggota TNI dan Polri yang sudah mengabdi menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Adapun program beasiswa tersebut telah berjalan selama empat tahun berturut-turut sejak tahun 2020 dan telah memberikan manfaat bagi lebih dari 10.000 putra-putri di seluruh Indonesia.

"Hal ini tentunya menjadi kehormatan bagi WIKA untuk dapat berkontribusi bagi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia", ujar Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito (BW).

Dalam kesempatan tersebut Agung BW juga menyampaikan bahwa program beasiswa tersebut sejalan dengan komitmen WIKA dalam meningkatkan kualitas pendidikan generasi muda melalui program WIKA Pintar.

Kolaborasi BUMN Karya Turut Majukan Infrastruktur Sekolah di IKN

Dalam kesempatan yang sama, WIKA turut bersinergi dengan BUMN Karya Indonesia (PTPP, ADHI, HK, WSKT, Nindya dan Brantas) berikan bantuan sarana dan prasarana pendidikan senilai lebih dari Rp485 juta kepada empat sekolah di IKN, Kalimantan Timur.

Penyerahan bantuan program pendidikan ini turut dihadiri Direktur Pelayanan Dasar Otorita IKN, Bapak Dr. Suwito. Bantuan berupa AC, laptop, proyektor, sound system, meja, dan kursi sekolah diharapkan dapat mendukung pemenuhan standar sarana dan prasarana pendidikan sebagaimana diatur dalam Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007. Sekolah-sekolah penerima manfaat antara lain SMP Negeri 27 Penajam Paser Utara, SMP Muhammadiyah 1 PPU, SMA Negeri 3 PPU, dan SDN 023 Sepaku, yang berada di area operasi pembangunan IKN yang dikerjakan oleh BUMN Karya.

Selain bantuan sarana prasarana, sinergi WIKA BUMN Karya juga turut meningkatkan fasilitas infrastruktur, sebagai contoh bantuan paving block untuk SMP Negeri 27 Penajam Paser Utara dalam rangka memperbaiki kondisi lapangan sekolah yang sebelumnya masih berupa tanah, sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal oleh siswa untuk berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan olahraga.

Kolaborasi ini merupakan bentuk komitmen BUMN Karya dalam mendukung pembangunan IKN, termasuk bidang pendidikan. Bantuan ini juga sejalan dengan Peraturan Menteri BUMN Nomor 1/MBU/03/2023 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024