Untuk bisa menjadi bangsa yang semakin maju dan besar, pemerintah dan masyarakat harus bersama-sama turut andil dalam memelihara dan menjaga Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menggelar program Kemenkeu Mengajar ke-9 secara serentak di seluruh Indonesia dengan tujuan membangkitkan kesadaran masyarakat, terutama para siswa, terhadap peran penting Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menghadiri secara langsung penyelenggaraan Kemenkeu Mengajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanjung Pandan, Belitung. Dalam kesempatan itu, ia memberikan edukasi, pemahaman, wawasan, serta membangun kolaborasi aktif generasi muda setempat.

“Untuk bisa menjadi bangsa yang semakin maju dan besar, pemerintah dan masyarakat harus bersama-sama turut andil dalam memelihara dan menjaga Indonesia. Salah satunya dengan meningkatkan pemahaman tentang keuangan negara,” kata Sri Mulyani dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Bendahara Negara menganalogikan APBN atau keuangan negara sebagai aliran darah yang mengalir dalam tubuh manusia, di mana darah membawa oksigen makanan ke seluruh pelosok tubuh.

“Ibaratnya darah yang mengalir di dalam tubuh, keuangan negara itu sama seperti aliran darah di dalam tubuh negara Indonesia. Dan keuangan negara ini adalah kita sebutnya #UangKita,” tambahnya.

Program Kemenkeu Mengajar telah berlangsung selama sembilan tahun sejak 2016. Dalam kegiatan ini, para relawan mengajar dan berbagi selama satu hari di sekolah, mulai dari jenjang SD hingga SMA dan juga ada di beberapa Sekolah Luar Biasa (SLB) dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).

Para siswa menerima beberapa materi terkait Peran Kementerian Keuangan dalam mengelola APBN, peran dan manfaat APBN dalam kehidupan sehari-hari seperti pembiayaan pembangunan fasilitas umum dan berbagai Proyek Strategis Nasional (PSN), pengenalan profesi yang ada di Kementerian Keuangan, serta cerita inspirasi untuk menjaga semangat belajar para siswa.

Melalui kegiatan Kemenkeu Mengajar ini, diharapkan anak-anak akan mengenal dan memahami Literasi Keuangan Negara, yang terdiri dari pengenalan APBN, pengenalan peran, profesi, dan nilai-nilai Kementerian Keuangan, serta manfaat dari Keuangan Negara sesuai dengan tema “Peran APBN dalam Mewujudkan Kecerdasan, Kesehatan, dan Kesejahteraan”.

Kemenkeu Mengajar 9 diikuti oleh 8.333 relawan yang merupakan pegawai aktif Kemenkeu, SMV dan BLU di lingkungan Kemenkeu, serta mahasiswa aktif PKN STAN.

Kegiatan dilakukan di berbagai level sekolah dengan total 327 sekolah yang terdiri dari 126 SD, 83 SMP, 100 SMA/SMK/MA, 13 SLB dan 5 SILN.

Baca juga: Program Kemenkeu Mengajar sasar 1.400 siswa di Kalteng
Baca juga: Menkeu memberikan edukasi keuangan negara di SMAN 3 Semarang


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024