Jakarta (ANTARA) - Apple saat ini sudah memasarkan ponsel pintar generasi terbarunya iPhone 16 series ke pasaran namun gawai pintar itu masih belum dilengkapi dengan kecerdasan artifisial generatifnya yang dijanjikan yaitu Apple Intelligence.

Namun kabar terbaru datang dari sumber yang bisa dipercaya menyebutkan bahwa Apple Intelligence untuk pertama kalinya akan hadir di iPhone pada 28 Oktober 2024.

Laporan The Verge, Minggu (6/10), menyebutkan bahwa tanggal tersebut akan menjadi tanggal yang ditentukan Apple untuk merilis pembaruan iOS 18.1.

Baca juga: iPhone 16 Pro dan Pro Max dilengkapi dengan Apple Intelligence

Kabar itu datang dari jurnalis teknologi Mark Gurman dari Bloomberg yang menyebutkan salah satu fitur Apple Intelligence pertama yang datang ke iPhone 16 melalui iOS 18.1 ialah fitur ringkasan notifikasi.

Meski begitu seharusnya fitur-fitur Apple Intelligence lainnya juga hadir mengingat pada versi beta sudah ada fitur yang ditunjukkan seperti peningkatan Siri seperti grafik bercahaya berwarna pelangi yang muncul saat pengguna mengaktifkan Siri.

Saat ini Apple Intelligence hanya berjalan pada iPhone 15 Pro dan iPhone 16 series yang lebih baru, tetapi Apple juga telah menguji coba dalam versi beta untuk Mac dan iPad dengan chip silikon Apple (M1 dan yang lebih baru).

Baca juga: iPhone 16 dan 16 Plus bawa pembaruan desain dan makin berwarna

Jadi meski tidak memiliki iPhone tersebut, penggemar teknologi mungkin masih dapat mencobanya. Ke depannya, Apple Intelligence juga dikabarkan akan didukung pada iPhone SE berikutnya.

Penggemar teknologi masih harus menunggu beberapa pekan lagi untuk menantikan versi stabil dari Apple Intelligence namun beberapa prediksi menyebutkan untuk fitur Apple Image Playground dan Genmoji mungkin dirilis di Desember 2024.

Sementara untuk fitur Siri sebagai asisten yang telah ditingkatkan dengan AI menjalankan beberapa tugas produktivitas pun masih harus dinantikan setidaknya hingga Maret 2025.

Baca juga: Pembaruan Apple tahun ini, termasuk detail iPhone 16

Baca juga: Apple Intelligence makin dekat lewat iOS 18.1 Beta

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024