Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit dr. Hasan Sadikin (RSHS) Bandung memperingati HUT ke-101 dengan mengadakan serangkaian kegiatan bakti sosial dan pengabdian masyarakat di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

“Acara bakti sosial ini bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga wujud kepedulian kami terhadap masyarakat melalui berbagai kegiatan yang telah disusun,” kata Direktur Utama RSUP Dr. Hasan Sadikin dr. Rachim Dinata Marsidi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Rachim menyebutkan bakti sosial ini bertujuan memberikan layanan kesehatan, edukasi kepada masyarakat Cirebon dan sekitarnya, mewujudkan kepedulian RSHS terhadap peningkatan kesadaran dan kualitas hidup masyarakat, serta memberikan perhatian khusus kepada anak yatim dan kaum dhuafa.

Sejumlah kegiatan meliputi antara lain pemberian edukasi kesehatan reproduksi, jiwa, tumbuh kembang anak, pelatihan bantuan hidup dasar, dan skrining kanker payudara. Dia menambahkan, ada juga operasi bibir sumbing gratis, senam bersama, serta pemberian santunan kepada anak yatim dan dhuafa.

Baca juga: RSHS Bandung serahkan hasil tes kesehatan 41 pasangan calon ke KPU

Baca juga: RSHS Bandung siapkan ruang isolasi khusus untuk pasien cacar monyet


Kegiatan tersebut, ujarnya, dilaksanakan pada 4-6 Oktober 2024 di beberapa lokasi, antara lain Polresta Cirebon, Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Puskesmas Tengah Tani, Batik Trusmi, SMP Negeri 1 Talun, Pemkab Cirebon, dan RS Sumber Hurip.

Dia berharap kegiatan itu tidak hanya menjadi momentum bagi RSHS untuk berbagi dengan masyarakat, tetapi juga mempererat tali silaturahim antara rumah sakit dan masyarakat.

Rachim menyebutkan kegiatan bakti sosial ini merupakan yang terbesar yang pernah diselenggarakan oleh RSHS, dengan jumlah poliklinik dan tenaga kesehatan terbanyak. Terdapat 101 poliklinik yang memberikan layanan gratis kepada masyarakat, sesuai dengan perayaan ulang tahun RSHS yang ke-101.

Dia menambahkan, hingga Ahad (6/10) siang, jumlah peserta yang terdaftar mengikuti bakti sosial mencapai sekitar 2.220 orang. Masyarakat mendapatkan layanan medis mulai dari pemeriksaan umum hingga pelayanan spesialis disertai dengan pemberian obat gratis.

“Mudah-mudahan ini merupakan awal yang baik, dan Alhamdulillah kita juga mendapatkan Rekor Muri sebagai pelayanan kesehatan bakti sosial dengan dokter subspesialis terbanyak,” kata Ketua Panitia HUT 101 RSHS dr. Fitra Hergyana.

“Momen ini sangat berharga, tidak hanya bagi kita yang hadir di sini, tetapi juga bagi seluruh masyarakat yang telah merasakan manfaat dari pelayanan kesehatan yang diberikan, khususnya masyarakat Cirebon, yang telah menjadi bagian dari perjalanan panjang RSHS,” kata Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan Yuli Astuti Saripawan dalam keterangan yang sama.

Seorang warga Cirebon yang menjadi peserta Bakti Sosial Peringatan HUT 101 RSHS, Nurjanah, mengatakan kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena banyaknya poliklinik yang disediakan untuk berobat.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Rumah Sakit Hasan Sadikin telah menyelenggarakan acara ini,” ucap Nurjanah.*

Baca juga: RSHS Bandung siap tindak tegas pelaku perundungan di lingkungan PPDS

Baca juga: RSHS Bandung libatkan 25 dokter spesialis periksa kesehatan cakada

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024