Khusus untuk SMA sederajat, juga ditambahkan materi seputar sekolah kedinasan yakni Politeknik Keuangan Negara
Palangka Raya, Kalteng (ANTARA) - Program Kemenkeu Mengajar menyasar 1.400 siswa sejumlah sekolah di empat kota Provinsi Kalimantan Tengah yakni Palangka Raya, Sampit, Pangkalan Bun, dan Muara Teweh.

"Tujuan Kemenkeu Mengajar adalah untuk mengedukasi para siswa tentang keuangan negara, khususnya tentang pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) serta tugas dan fungsi dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu)," kata Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Kemenkeu Kalteng Wawan Juswanto di Palangka Raya, Kalteng, Senin.

Dia mengatakan untuk setiap jenjang pendidikan atau sekolah, materi edukasi yang disampaikan tentu disesuaikan. Khusus untuk SMA sederajat, juga ditambahkan materi seputar sekolah kedinasan yakni Politeknik Keuangan Negara.

Adapun materi yang disampaikan, selain pengenalan Kemenkeu, APBN dan keuangan negara, juga tentang profesi di Kemenkeu, motivasi untuk berkontribusi kepada negeri, cinta tanah air, cinta kebersihan, dan gotong royong.

Kegiatan yang sudah memasuki tahun ke-9 ini menjadi sarana pegawai Kemenkeu di seluruh Indonesia untuk menceritakan tugas dan pekerjaan sehari-hari kepada para siswa, sehingga diharap menjadi bibit optimisme dan semangat generasi muda untuk menjadi pemimpin-pemimpin Indonesia di masa depan.

Kemenkeu Mengajar bukan sebatas tentang menyampaikan materi peningkatan literasi keuangan, tetapi juga bertujuan membangun interaksi positif dan inspiratif antara para relawan pengajar dengan para siswa.

Melalui berbagai kegiatan edukatif yang menarik dan menyenangkan, Kemenkeu Mengajar diharap memberikan pengalaman belajar yang berkesan dan membuka wawasan para siswa terhadap dunia keuangan dan pembangunan bangsa.

Lebih lanjut Wawan menyampaikan, Kemenkeu Mengajar merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemenkeu.

"Selain Kemenkeu Mengajar, kami juga melaksanakan kegiatan peduli terhadap lingkungan, yakni bakti sosial penanaman pohon yang digelar di SDN 4 Menteng Palangka Raya," jelasnya usai membuka rangkaian kegiatan Kemenkeu Mengajar di SMA Negeri 3 Palangka Raya.

Sementara itu, Kepala SMAN 3 Palangka Raya Yenihayati mengapresiasi pelaksanaan Kemenkeu Mengajar 9 yang pada 2024 ini menjadikan sekolahnya sebagai salah satu sasaran kegiatan.

"Harapannya ke depan, anak-anak didik kami lebih mengetahui dan memahami tentang keuangan negara," tuturnya.

Baca juga: Kemenkeu mengenalkan perannya jaga perekonomian negeri di Surabaya
Baca juga: Menkeu memberikan edukasi keuangan negara di SMAN 3 Semarang
Baca juga: Sri Mulyani ajak pelajar lebih dekat dengan uang negara

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024