Jakarta (ANTARA) - Vinilon Group, perusahaan sistem perpipaan, berkolaborasi dengan perusahaan tumbler, Stanley Indonesia, menghadirkan instalasi unik bertema "Hydrogrid, Hydration" karya Founder & Designer Principal Palette Studio Aji Fajar pada acara Art Jakarta 2024.

"Kehadiran Vinilon Group pada acara ini menunjukkan bahwa pipa produksi Vinilon Group yang kuat dan kokoh, sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Melalui tangan seniman, pipa menjadi lebih dari sekadar saluran air, pipa mampu menjadi medium yang dapat menghubungkan antara gagasan dan imajinasi, membentuk ruang baru di mana seni mengalir tanpa batas," ujar General Manager Marketing Vinilon Group Christian Rudolf dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin.

Adapun jenis pipa yang digunakan pada instalasi ini adalah pipa polyethylene (PE), yang lentur dan kokoh, sehingga lebih mudah untuk dibentuk dan dikreasikan.

Faktor lainnya adalah karena sifat material pipa yang ringan dan mudah disambung menggunakan teknik electrofusion ataupun butt fusion. Dengan teknik tersebut membuat sambungan menjadi lebih kuat dan tahan lama.

Founder & Designer Principal Palette Studio Aji Fajar mengatakan proyek ini adalah sebuah tantangan baru bagi pihaknya, karena harus mengeksplorasi ide dengan menggabungkan dua produk besar yaitu pipa Vinilon dan tumbler Stanley.

"Dengan mengusung konsep 'Hydrogrid, Hydration', kami ingin bercerita tentang sebuah proses perjalanan, yang dalam hal ini adalah perjalanan air yang mengalir dari satu titik ke titik yang lain. Selain itu, kami juga ingin mengedukasi bahwa sebuah karya seni tidak hanya dinilai dari estetika, namun juga menjadi objek yang memiliki nilai fungsional,” ujar Aji.

Dia juga menambahkan pada acara "Art Jakarta 2024" ini, Pallete Studio ingin menunjukkan kepada masyarakat mengenai kekuatan pipa yang diproduksi oleh Vinilon Group.

"Kami juga ingin menunjukkan kekuatan pipa Vinilon yang kokoh namun tetap lentur, sehingga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan sistem perpipaan di berbagai struktur," katanya.

Selain memamerkan desain yang menarik, instalasi Vinilon Group dan Stanley Indonesia juga menyediakan drinking water station sebagai fasilitas isi ulang air minum gratis yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Vinilon Group berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi terbaik bagi para penggunanya dan berkontribusi nyata dalam pembangunan infrastruktur sistem perpipaan Indonesia yang lebih baik.

Baca juga: Pipa Vinilon KRAH: Teknologi Modern untuk Solusi Infrastruktur Indonesia
Baca juga: PUPR: Pipa KRAH sebagai inovasi bagi solusi perpipaan ramah lingkungan

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024