Jakarta (ANTARA) - Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 2 Dharma Pongrekun mengaku debat di Pilkada DKI Jakarta sebagai beban karena hanya bekerja sendiri tanpa ada bantuan dari tim sukses (timses) seperti pasangan calon lain.
 
"Setidaknya kami sudah melewati satu acara debat," kata Dharma usai debat pertama Pilkada Jakarta 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu malam.

Dengan tuntasnya debat pertama tersebut, berarti masih ada beban dua debat lagi. "Dianggap beban, karena apa? Karena kami kerja sendiri, tidak ada bikin-bikin coret-coretan," katanya.
 
Dharma mengaku tidak bisa bicara soal senang atau tidak usai melewati debat pertama Pilkada Jakarta 2024 ini. Dharma juga terus menyinggung perihal tidak membawa selembar kertas saat berada di atas panggung.
 
"Saya tidak bawa (satu) kertas lembar pun. Ini jadi pengalaman berharga bagaimana kemudian apa yang saya sampaikan, berangkat dari hati saya sendiri," katanya.

Baca juga: Dharma: Pandemi merupakan agenda asing ambilalih kedaulatan bangsa

Dia mengaku menulis sendiri programnya. "Jadi saya tulis sendiri programnya sehingga saya tahu cara mengeksekusinya dan bukan teori," kata Dharma.
 
Selain itu, Dharma menyebutkan bahwa kehadiran pendukung pasangan calon nomor urut dua ini datang dengan sifat gotong-royong tanpa digerakkan atau adanya komando.
 
"Jadi mereka datang dari seluruh penjuru Jakarta, yang ingin memperjuangkan dan memanfaatkan kendaraan independen ini, untuk memperjuangkan kepentingan rakyat," kata Dharma.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar debat pertama pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Pilkada DKI Jakarta 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu malam.

Baca juga: Dharma janji hapus PBB bagi ASN dan karyawan swasta di Jakarta
 
Peserta debat tersebut adalah pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).
 
Tema yang diangkat dalam debat perdana yakni "Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global".
 
Adapun visi, misi dan program kerja yang disampaikan masing-masing pasangan Cagub-Cawagub di Pilkada DKI Jakarta melalui debat ini diharapkan memberi pertimbangan bagi para pemilih saat hari pemungutan suara pada 27 November 2024.
 
KPU DKI Jakarta menjadwalkan debat tahap dua berlangsung pada 27 Oktober yang dilanjutkan debat ketiga pada 17 November 2024.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024