Jakarta (ANTARA) - Calon gubernur (cagub) DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK) menilai debat pertama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Jakarta 2024 hari ini berjalan damai dan bisa naik kelas.
 
"Ini debat bagus ya hubungan kami antara nomor 2 dan nomor 3 juga hangat tidak ada ketegangan yang sifatnya personal. Sehingga Pilkada Jakarta naik kelas, menjadi Pilkada teladan dan jadi percontohan senasional," kata Ridwan Kamil usai debat pertama Pilkada Jakarta 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu.
 
Menurut Ridwan, semua pertanyaan yang diberikan setiap pasangan calon (paslon) berkaitan dengan program dan visi misi. Sehingga, Ridwan berharap debat kedua dan ketiga bisa semakin hangat dan damai demi mempertahankan suasana seperti debat hari ini.
 
"Semua pertanyaannya juga adalah tentang program, Saya kira itu sangat baik, mudah-mudahan di debat kedua, ketiga makin keren, makin hangat," ucap Ridwan.
 
Ridwan mengaku selama berjalannya debat pertama ini, dia bersama pasangannya yakni Suswono membuktikan kesiapannya membawa Jakarta baru yang semakin maju.
 
"Jadi selama debat, kami fokus pada program, tidak setengahnya teori dan prinsip, setengahnya itu yaudah konkretnya apa kan. Nah kami membumikan gagasan-gagasan itu menjadi hal-hal yang mudah dipahami oleh warga Jakarta," ucap Ridwan.

Baca juga: Rano akui bangga jadi orang Jakarta meski tak berdarah asli Betawi
 
Kemudian, pasangan yang dikenal RIDO ini juga berbagi tugas di setiap sesinya untuk menjawab dengan lugas terkait poin-poin pemaparan ataupun sesi tanya jawab.
 
"Kami berbagi tugas, Pak Sus juga saya monitor di sesinya menjawab dengan lugas poin-poinnya juga sangat luar biasa dan tentunya saya lihat secara umum ya," ujar Ridwan.
 
Sementara itu, Suswono merasa puas mendampingi dan melihat langsung jawaban Ridwan Kamil di setiap sesinya. Suswono juga menilai Ridwan sangat menguasai setiap sesinya melihat pengalamannya yang sudah cukup banyak.
 
"Ya secara umum saya kira saya puas ya apalagi mendampingi gubernur yang punya pengalaman yang luar biasa. Jadi saya relatif lebih ringan lah, semuanya sudah dikuasai oleh beliau, saya hanya menambahkan," ujar Suswono.
 
Suswono menilai, kontestasi seperti ini lah yang bisa menjadi penilaian bagi masyarakat Jakarta dalam menentukan pilihannya usai melihat pemaparan dan gagasan setiap paslon.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar debat pertama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10) malam.
 
Peserta debat tersebut adalah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).
 
Tema yang diangkat dalam debat perdana yakni “Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global”.
 
Adapun visi, misi dan program kerja yang disampaikan masing-masing pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta melalui debat ini diharapkan memberi pertimbangan bagi para pemilih saat hari pemungutan suara pada 27 November 2024.
 
KPU DKI Jakarta menjadwalkan debat tahap dua dari calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jakarta pada 27 Oktober yang dilanjutkan debat ketiga pada 17 November.

Baca juga: Dharma: Pandemi merupakan agenda asing ambilalih kedaulatan bangsa
Baca juga: Peci merah Rano Karno lambangkan sejarah Betawi dan lawan kolonial
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024