Kami akan membuka lebih banyak peluang kerja dan pelatihan bersertifikat mulai dari keterampilan berbicara (public speaking) dan literasi finansial
Jakarta (ANTARA) - Calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 3 di Pilkada Jakarta 2024 Pramono Anung dan Rano Karno berkomitmen membuka lebih banyak peluang kerja serta memastikan semua kebutuhan warga Jakarta menjadi lebih mudah dan cepat.

Hal ini disampaikan Rano Karno sebagai pernyataan tertutup dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024 di Jakarta, Minggu.

Lebih lanjut, Rano atau disapa bang Doel, meminta Gen Z dan milenial tidak perlu khawatir terkait pekerjaan karena mereka akan membuka lebih banyak peluang kerja dan pelatihan bersertifikat.

Baca juga: Pramono nilai pemasangan CCTV di RT RW mampu tekan kasus narkoba

"Kami akan membuka lebih banyak peluang kerja dan pelatihan bersertifikat mulai dari keterampilan berbicara (public speaking) dan literasi finansial," kata dia.

Rano menambahkan akan membuka selebar-lebarnya ruang kreativitas untuk mengembangkan bakat serta memastikan adanya layanan kesehatan mental yang bersahabat.

"Kita pastikan semua hajat hidup warga Jakarta lebih mudah dan cepat. tata kelola pemerintahan yang responsif dan manusiawi," ujar dia.

Baca juga: RIDO sebut ada dua ideologi untuk atasi kemacetan di Jakarta

Dalam kesempatan itu, Pramono mengatakan akan menjadikan Jakarta kota yang inklusif, ramah publik, dan ramah bagi penyandang disabilitas serta lansia.

Dia pun menjadikan Jakarta rumah yang merangkul semua orang mulai dari yang tinggal di rumah susun sederhana hingga apartemen megah.

"Jakarta yang mendukung dan memberikan kesempatan yang sama bagi warga untuk belajar, bekerja berkarya. Insyaallah hidup di Jakarta akan 3B yakni Berdaya, Berkeadilan, dan Berkelanjutan. Karena ini saatnya Jakarta menyala," kata dia.

Lalu, dia juga berjanji untuk meningkatkan kesejahteraan guru honorer dan tenaga medis. Ini karena dua profesi tersebut layak untuk mendapatkannya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta mengadakan debat pertama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10) malam.

Baca juga: Solusi penguatan SDM dari RW hingga kelurahan dari tiga Cagub Jakarta

Peserta debat tersebut adalah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

Tema yang diangkat dalam debat perdana yakni “Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global”.

Debat pertama menjadi enam segmen yang diawali dengan pemaparan visi dan misi masing-masing paslon. Kemudian, segmen kedua dan ketiga menjawab pertanyaan dari panelis, segmen keempat dan kelima tanya-jawab antarpaslon serta segmen keenam penutup.

Adapun KPU DKI Jakarta menjadwalkan debat tahap dua calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jakarta pada 27 Oktober dan dilanjutkan debat ketiga pada 17 November.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024