sebagai ayah dari warga Jakarta harus mendahulukan warganya agar dapat bekerja dan memenuhi kebutuhan mereka
Jakarta (ANTARA) - Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 2 Dharma Pongrekun menyatakan akan mendahulukan warga yang mengantongi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Jakarta untuk mendapatkan pekerjaan agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Gubernur sebagai ayah dari warga Jakarta harus mendahulukan warganya agar dapat bekerja dan memenuhi kebutuhan mereka,” kata calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 2 Dharma Pongrekun dalam debat kepala daerah yang digelar KPU Jakarta di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan banyak warga dari luar Jakarta yang masuk dan mendapatkan pekerjaan di daerah ini yang tentunya membuat warga Jakarta tidak memiliki kesempatan diterima perusahaan untuk mendapatkan pekerjaan.

Baca juga: Dharma mengatasi kemacetan dengan perbaikan manajemen transportasi

“Jaminan babe sebagai ayah warga Jakarta untuk memastikan warga mendapatkan pekerjaan,” kata dia.

Ia mengatakan selama ini penguatan sumber daya manusia (SDM) di Jakarta bermasalah karena hanya fokus pada tubuh dan pikiran semata tapi bukan pada jiwa mereka.

Menurut dia persoalan ini yang harus diidentifikasi, ada masalah penting dalam dunia kerja di Jakarta yaitu masalah persaingan kerja.

Baca juga: Dharma: Kesetaraan gender dalam pekerjaan dapat terwujud jika adil

“Adab masyarakat yang harus dibenahi sehingga kemauan kerja itu tinggi dan ini merupakan tanggung jawab keluarga,” kata dia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar debat pertama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10) malam.

Peserta debat tersebut adalah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun), dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

Baca juga: Dharma: Perbanyak CCTV bukan solusi cegah aksi tawuran di Jakarta

Tema yang diangkat dalam debat perdana yakni “Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global”. Adapun KPU DKI Jakarta menjadwalkan debat tahap dua dari calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jakarta pada 27 Oktober yang dilanjutkan debat ketiga pada 17 November.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024