PPSU gak perlu ribet kerja dengan ijazah, SD sudah bisa bekerja
Jakarta (ANTARA) - Calon wakil gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2024 nomor urut tiga, Rano Karno berjanji menyediakan balai latihan kerja (BLK) modern untuk fasilitas pelatihan kerja bagi Gen Z demi mengentaskan angka pengangguran di kota itu. 
 
"Untuk itu kita membangun balai rakyat melalui BLK modern yang bukan hanya mesin, tapi juga bisa komputerisasi," kata Rano menanggapi tanya jawab terkait tema problematika Gen Z dalam debat perdana Pilkada DKI di JIExpo Jakarta, Minggu.
 
Rano menyoroti hampir sebanyak 48 persen populasi Gen Z bisa dikembangkan potensinya dengan memberikan bimbingan kejuruan di BLK.
 
Salah satu kejuruan yang disoroti yakni dunia digital yang bisa membentuk Gen Z untuk menjadi konten kreator animasi.

"Maka dari itu adanya 'hotline' 24 jam jadi panduan (guidance) apa yang bisa dikerjakan, mudah-mudahan untuk penjuruan Gen Z jadi tidak salah arah," tambahnya.

Baca juga: Suswono sebut budaya Betawi akan dimasukkan ke kurikulum pendidikan 

Kemudian, dia juga menjanjikan akan mempermudah syarat melamar kerja bagi petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) yakni hanya memakai ijazah Sekolah Dasar (SD).

"Makanya kita punya kebijakan, PPSU gak perlu ribet kerja dengan ijazah, SD sudah bisa bekerja," ujarnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan per Agustus 2023 tingkat pengangguran terbuka di Jakarta mencapai 6,53 persen atau 355.000 orang pengangguran.
 
Kemudian, didominasi kelompok usia muda 15-29 tahun sebesar 70,37 persen yakni satu dari enam orang muda menganggur.

Sementara, mayoritas lowongan pekerjaan yang tersedia mengisyaratkan usia dan pengalaman tertentu.

Baca juga: Dharma: Kesetaraan gender dalam pekerjaan dapat terwujud jika adil
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar debat pertama pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu malam.

Peserta debat tersebut adalah paslon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

Tema yang diangkat dalam debat perdana yakni “Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global”.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024