Kita punya program sekolah perempuan buat emak-emak buat ibu-ibu nanti sekolahnya di balai RW kurikulumnya tentang ekonomi keluarga, keharmonisan keluarga, dan sebagainya
Jakarta (ANTARA) -
Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil menyebutkan bakal menyiapkan tiga program untuk perempuan dalam mengatasi ketimpangan gender yang masih terjadi di Jakarta.
 
"Ketimpangan gender ini kuncinya yang pertama adalah pendidikan," katanya dalam debat perdana di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Soal polusi udara, calon wakil gubernur Suswono siapkan 3 juta pohon
 
Pria yang akrab disapa kang Emil menyebutkan sudah ada program dengan  DPRD DKI yang sudah melakukan inisiatif yaitu sekolah gratis.
 
"Tidak hanya sekolah negeri tapi juga sekolah swasta yang telah ditunjuk, kita bisa lakukan sebuah dukungan khususnya ke perempuan," katanya.
 
Kemudian program kedua adalah nantinya disiapkan sekolah perempuan untuk emak-emak atau ibu-ibu.
 
"Kita punya program sekolah perempuan buat emak-emak buat ibu-ibu nanti sekolahnya di balai RW kurikulumnya tentang ekonomi keluarga, keharmonisan keluarga, dan sebagainya," ucapnya.

Baca juga: Ridwan Kamil janji bangun budaya Betawi 
 
Kemudian Ridwan juga menyiapkan kredit untuk ibu-ibu yang membutuhkan pekerjaan.
 
"Kita ada kredit mesra tanpa bunga berbunga tanpa agunan daftar emak-emaknya cukup berlima ini namanya kredit kelompok, satu masalah empat bertanggungjawab," katanya.
 
Ridwan menyebutkan kombinasi dengan akses kemudahan berusaha kombinasi dengan sekolah informal emak-emak dan sekolah gratis untuk perempuan di level formal akan meningkatkan kualitas indeks ketimpangan gender.
 
"Ketiga itu saya kira akan meningkatkan kualitas Indeks sehingga ketimpangan gender bisa terselesaikan. Saya kira perempuan harus dilindungi. Perempuan harus memiliki kesetaraan melalui perlindungan oleh gubernur, " katanya.
 
Hal tersebut dijawab oleh Ridwan saat menjawab pertanyaan terkait langkah strategis dan konkret untuk meningkatkan partisipasi perempuan di angkatan kerja dan pendidikan.

Baca juga: Tinjau Sungai Ciliwung, RK ingin realisasikan transportasi air di DKI
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar debat pertama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10) malam.
 
Peserta debat tersebut adalah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).
 
Tema yang diangkat dalam debat perdana yakni “Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global”.
 
Adapun visi, misi dan program kerja yang disampaikan masing-masing pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta melalui debat ini diharapkan memberi pertimbangan bagi para pemilih saat hari pemungutan suara pada 27 November 2024.
 
KPU DKI Jakarta menjadwalkan debat tahap dua dari calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jakarta pada 27 Oktober yang dilanjutkan debat ketiga pada 17 November.

 

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024