Ruas jalan ini merupakan kewenangan Pemprov Sumbar. Peningkatan kualitas jalan sudah direncanakan sejak tahun lalu dan direalisasikan tahun ini
Painan (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melakukan peningkatan kualitas jalan di Langgai Nagari Gantiang Mudiek Utara Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan sebagai upaya memudahkan petani membawa hasil panen ke pasar.
 
Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Pesisir Selatan Era Sukma Munaf di Painan Minggu menyebutkan, peningkatan itu berupa pengaspalan ruas jalan sepanjang dua kilometer.
 
"Ruas jalan ini merupakan kewenangan Pemprov Sumbar. Peningkatan kualitas jalan sudah direncanakan sejak tahun lalu dan direalisasikan tahun ini," katanya.
 
Ia menjelaskan, Langgai merupakan kawasan yang berbatasan dengan hutan. Daerah itu memiliki potensi besar untuk produk gambir yang menjadi salah satu produk unggulan Sumbar.
 
Kondisi jalan di Langgai sebagian masih berupa pengerasan dan betonisasi. Tidak banyak jalan yang telah diaspal, sehingga saat musim hujan petani setempat kesulitan membawa hasil panennya keluar menuju pasar.
 
Dengan peningkatan kualitas jalan itu diharapkan bisa membantu memudahkan akses masyarakat untuk membawa hasil panennya.
 
Era Sukma, yang juga merupakan Kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya Tata Ruang Sumbar itu menyebutkan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp2 miliar untuk peningkatan jalan itu.
 
"Dengan anggaran itu akan diaspal ruas jalan Langgai lebih kurang dua kilometer," katanya.
 
Ia menyebutkan pula, ke depan peningkatan ruas jalan Langgai akan terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat secara bertahap. Karena jalan itu merupakan urat nadi perekonomian dan akses satu-satunya bagi masyarakat.*

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024