Tanjung Pandan (ANTARA) - Duta Besar Bulgaria untuk Indonesia, Tanya Dimitrova menyatakan tertarik dengan potensi keindahan pariwisata di Kabupaten Belitung yang dapat menjadi peluang kerja sama kedua belah pihak.

"Saya cukup tertarik dengan keindahan pariwisata di Belitung," kata Tanya Dimitrova saat melakukan kunjungan kerja di Belitung, Minggu.

Ia menilai, potensi keindahan pariwisata di Belitung membuka peluang kerja sama karena panorama yang belum diketahui semua oleh wisatawan mancanegara.

"Belitung seperti permata yang tersembunyi karena banyak wisatawan mancanegara yang belum mengetahui keindahan Belitung," kata dia.

Bahkan kata dia, pariwisata Belitung yang didukung dengan keindahan alam tidak kalah indahnya dengan Bali, bahkan mampu melebihi pulau Dewata jika dikelola dan dikembangkan dengan maksimal.

Dia optimistis, potensi pariwisata yang dimiliki Belitung ke depan akan semakin terkenal, orang-orang semakin ramai datang berkunjung dan mengeksplorasi keindahan alam Belitung.

"Saya juga akan mempromosikan keindahan alam dan pariwisata Belitung kepada warga Bulgaria agar mereka dapat menikmati pesona keindahan Belitung," katanya.

Disampaikan, sebelum bertolak ke Belitung, dirinya sempat berbicara dengan seorang walikota di Bulgaria yang menyampaikan keinginan untuk menjalin hubungan kerja sama dengan Belitung.

Belitung, kata dia, memiliki sejumlah potensi besar untuk dikerjasamakan seperti di sektor pariwisata, perikanan, dan kelapa sawit yang dapat dieksplorasi lebih jauh.

"Saya berharap kerja sama antara Belitung dan Bulgaria dapat terwujud guna kepentingan ekonomi kedua belah pihak," ujarnya.

Ia berjanji akan membahas potensi peluang investasi Belitung di dalam sebuah forum diskusi untuk dipresentasikan agar bisa ditindaklanjuti dan pihaknya akan mengundang perwakilan Pemkab Belitung ke Bulgaria guna membahas kerja sama ini lebih lanjut.

Baca juga: RI-Bulgaria rayakan 68 tahun hubungan diplomatik di museum bersejarah
Baca juga: Menparekraf menginginkan kebangkitan industri perfilman Belitung
Baca juga: Menparekraf tekankan Belitung kembangkan pariwisata berkelanjutan 

 

Pewarta: Kasmono/Apriliansyah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024