Kami juga mengundang masyarakat untuk segera kembali ke gedung Teater Kecil dan merasakan langsung hasil dari modernisasi ini
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan pengerjaan renovasi sekaligus memodernisasi gedung Teater Kecil Taman Ismail Marzuki (TIM), Menteng, Jakarta Pusat.

“Ini menunjukkan komitmen kami dalam mendukung pengembangan seni dan budaya," kata Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Isi akhir pekan dengan mengunjungi pameran budaya hingga bazar buku

Gedung tersebut baru direnovasi sejak diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso pada 2003.

Iwan mengatakan gedung Teater Kecil TIM mulai dibangun pada 1996. Namun karena terdampak krisis moneter, kegiatan pembangunan sempat terhenti dan baru dituntaskan pada tahun 2003.

"Sejak rampung dibangun dan diresmikan 21 tahun lalu belum pernah ada renovasi besar yang dilakukan," ujar Iwan.

Baca juga: Pameran Arsip Kepresidenan ungkap sejarah ide perpindahan ibu kota

Menurut Iwan, renovasi ini adalah bentuk komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam menyediakan fasilitas yang mendukung perkembangan seni dan budaya di ibu kota.

Dinas Kebudayaan berharap dengan adanya modernisasi ini, Teater Kecil TIM dapat terus menjadi wadah bagi para seniman untuk berkarya dan menghadirkan pertunjukan yang memukau.

Sehingga, masyarakat Jakarta dan para seniman juga dapat menikmati fasilitas yang lebih baik, nyaman dan berstandar internasional.

“Kami juga mengundang masyarakat untuk segera kembali ke gedung Teater Kecil dan merasakan langsung hasil dari modernisasi ini," kata Iwan.

Baca juga: Jakpro gandeng Artotel Group kelola Wisma Seni Taman Ismail Marzuki

Kepala Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta (UP PKJ) TIM, Arif Rahman mengaku bangga menyelesaikan renovasi Gedung Teater Kecil. Fasilitas baru ini diyakini bisa meningkatkan kenyamanan sekaligus juga memungkinkan pertunjukan berstandar internasional.

Serangkaian pekerjaan modernisasi yang dilakukan untuk menyempurnakan gedung ini terdiri dari tujuh segmen.

Adapun tujuh bagian renovasi yang dilakukan meliputi perbaikan atap dan saluran udara (ducting), modernisasi sistem pendingin udara, penggantian lift barang, mempercantik interior, memfungsikan arena teater (hidraulis video), palang penggerak sistem digital, dan tata cahaya (batten dan lighting) dan modernisasi sistem tata suara.

“Modernisasi ini menunjukkan komitmen kami dalam mendukung pengembangan seni dan budaya di Jakarta, menjadikan TIM pusat kreativitas yang terus relevan," ujar Iwan.

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024