Jakarta (ANTARA) - Selama sepekan mulai 30 September sampai dengan 5 Oktober, berbagai peristiwa hukum telah diberitakan Kantor Berita ANTARA mulai dari penganugerahan Bintang Bhayangkara Utama (BBU) kepada empat petinggi TNI hingga satu keluarga terjerat kasus pabrik narkoba di Serang, Banten.

Berikut ini lima berita hukum menarik pilihan ANTARA.

1. Kapolri anugerahkan Bintang Bhayangkara Utama kepada 4 petinggi TNI

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menganugerahi tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama (BBU) kepada empat petinggi TNI.

Empat petinggi TNI itu adalah Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Muhammad Ali, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Mohammad Tonny Harjono.

Selengkapnya baca di sini.

2. Kemenkumham: Naturalisasi Hilgers-Reijnders strategi Indonesia Emas

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menyebutkan naturalisasi dua atlet sepak bola, Mees Victor Joseph Hilgers dan Eliano Johannes Reijnders, merupakan bagian dari strategi besar pemerintah untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045.

Saat memimpin pengambilan sumpah di Brussel, Belgia, Senin (30/9), Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Kemenkumham Cahyo Rahadian Muzhar mengatakan bahwa dalam visi Indonesia Emas 2045 Indonesia diharapkan menjadi bangsa maju, mandiri, dan berdaya saing global, termasuk di bidang olahraga.

Selengkapnya baca di sini.

3. Pansel umumkan 10 nama calon pimpinan dan Dewas KPK

Panitia Seleksi Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK mengumumkan masing-masing 10 nama calon pimpinan dan dewan pengawas lembaga antirasuah yang telah disampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo.

Pengumuman itu berdasarkan lampiran pengumuman Panitia Seleksi Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK Masa Jabatan 2024—2029 yang diunggah melalui situs resmi Sekretariat Negara setneg.go.id di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

4. Kejagung benarkan geledah KLHK terkait kasus dugaan korupsi

Kejaksaan Agung (Kejagung) membenarkan bahwa penyidik telah menggeledah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait dugaan tindak pidana korupsi.

“Setelah kami lakukan pengecekan, benar bahwa penyidik pada Jampidsus sedang melakukan kegiatan penegakan hukum berupa penggeledahan di KLHK,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Harli Siregar ketika dihubungi awak media di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

5. BNN: Satu keluarga terjerat kasus pabrik narkoba di Serang

Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkapkan satu keluarga yang terjerat kasus pabrik narkoba di Serang, Banten telah masuk ke dalam penjara usai diduga melakukan bisnis narkoba.

Dalam keterangan yang dikonfirmasi di Jakarta, Kamis, Kepala BNN Komjen Pol. Marthinus Hukom menyebutkan narkoba merupakan ancaman kemanusiaan yang harus segera diatasi.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024