Selama tiga hari ke depan, disini mereka juga akan menunjukkan kemampuan dalam kegiatan perlombaan sampai hari minggu mendatang
Jakarta (ANTARA) - Kwartir Ranting Cabang (Kwarcab) Kepulauan Seribu menggelar lomba regu Prestasi Penggalang dan Kreativitas Penegak melibatkan 192 siswa SLTP dan SMA di daerah kepulauan tersebut yang digelar 4-6 Oktober 2024.

"Lomba ini diikuti 17 regu putra dan putri tingkat SLTP dan 7 regu putra dan putri tingkat SMA dengan total 192 peserta," kata Ketua Kwarcab Kepulauan Seribu, Rustini di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Warga Pulau Pramuka dilatih buat makanan beku berbahan dasar ikan

Ia mengatakan kegiatan yang didanai oleh anggaran Kwarda yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas baik itu Penggalang maupun Penegak ke tingkat nasional.

Ia mengatakan  kegiatan ini bertujuan untuk memupuk rasa persaudaraan antar peserta dan mudah-mudahan mereka juga bisa saling kerja sama dan saling toleransi antar peserta.

Baca juga: Kepulauan Seribu tingkatkan minat baca anak melalui Hanjaba

"Selama tiga hari ke depan, disini mereka juga akan menunjukkan kemampuan dalam kegiatan perlombaan sampai hari minggu mendatang," kata dia.

Sementara Wakil Camat Kepulauan Seribu Utara, Yulihardi mengatakan kegiatan lomba ini di lapangan sepak bola Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Sabtu (05/10/2024).

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Kwarcab Kepulauan Seribu yang telah melaksanakan kegiatan ini semoga dapat meningkatkan keterampilan, dan kreativitas para siswa, baik dari penggalang maupun penegak di Kepulauan Seribu," katanya.

Baca juga: Kriminalitas sepekan, kasus Firli Bahuri hingga jasad di Pulau Pramuka

Dirinya mengimbau agar peserta kegiatan dapat menjaga kesehatan selama kegiatan lomba berjalan.

Selain itu, menurutnya para peserta diharapkan dapat bersilaturahmi dan dapat bergaul dengan banyak teman serta menjunjung tinggi sportivitas dalam kegiatan lomba.

"Di era digitalisasi mereka juga diharapkan bisa lebih memfilter harus informasi dan berita-berita yang hoaks, dengan kegiatan Pramuka lebih meningkatkan kreativitas para siswa," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024