Jakarta (ANTARA) - Petinju kelas bulu wanita Teresa Almengor bertekad merebut gelar juara dunia tinju kelas bulu World Boxing Associaton (WBA) pada pertarungan mendatang untuk membantu warga di kampung halamannya di Chiriqui, Panama.

"Saya ingin menjadi juara dunia agar bisa membantu banyak orang yang tidak mempunyai sumber daya. Saya ingin memenangkannya dan mempertahankannya untuk waktu yang lama," kata Teresa Almengor sebagaimana dikutip dari laman resmi WBA di Jakarta, Sabtu.

Almengor akan bertarung memperebutkan gelar juara dunia kelas bulu sementara WBA (126 lbs) melawan petarung lokal Jennifer Miranda di Teater Las Vegas, Madrid, Spanyol, pada 20 Oktober 2024.

Petinju berjulukan 'La Polla' itu mengaku sangat senang dan bersyukur mendapatkan peluang besar merebut gelar juara untuk karirnya. Ia telah mempersiapkan diri dengan baik untuk memberikan yang terbaik.

"Saya seorang pejuang dan jika Tuhan menyertai saya, siapa yang melawan saya," ujarnya.

Petinju berusia 30 tahun itu mengatakan, akan berjuang keras karena menjadi juara dunia akan membuat keluarga dan masyarakat Chiriqui sangat bangga.

"Saya ingin melakukannya untuk anak-anak, untuk ibu saya," ujarnya.

Mengenai calon lawannya, Almengor mengatakan hanya sedikit menganalisanya karena jarang bertanding. Ia pun menyerahkan rencana dan strategi kepada pelatih Carlos Nunez untuk menentukan apa yang harus dilakukan di atas ring.

Adapun Jenifer Miranda memiliki catatan 11 kemenangan dengan 1 knockout (KO). Sedangkan Almengor menambahkan sembilan kemenangan berturut-turut , empat kemenangan KO, sebelum seri dalam pertarungan terakhirnya yang diadakan pada April 2023 melawan mantan juara dunia Laura Ledezma setelah delapan ronde. Ia pun memiliki catatan kekalahan tiga kali.

Di Spanyol, Almengor akan melakukan pertarungan pertamanya di luar wilayah Panama. Ia memastikan kondisi tersebut tidak menyurutkan niatnya untuk menjadi wanita Panama ketiga yang dinobatkan sebagai juara dunia tinju berbayar.

"Ini pertama kalinya saya bertarung di luar Panama, namun saya akan melakukan persiapan terbaik untuk menghadapi apapun yang akan terjadi dan insya Allah saya akan kembali dengan kemenangan itu," ujarnya.

Baca juga: WBA beri izin khusus bagi Lamont Roach rebut gelar kelas ringan
Baca juga: Nick jamu Rios untuk pertahankan juara kelas bulu WBA pertama kalinya
Baca juga: WBA perintahkan pertarungan wajib Stanionis lawan Shakhram

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024