Jakarta (ANTARA) - Pembalap muda Liam Lawson mengungkapkan kesannya menggantikan posisi Daniel Ricciardo sebagai pembalap utama di tim RB.

Hal itu menyusul kontrak Ricciardo yang berakhir setelah Grand Prix Singapura, beberapa waktu lalu, dan ia dicoret dengan enam balapan tersisa, yang kemungkinan besar menandai berakhirnya kariernya yang panjang dalam olahraga tersebut.

Bagi Lawson, memiliki kesempatan untuk bersaing dengan para pembalap top di Formula 1 merupakan sebuah kehormatan besar.

“Saya mendapat satu kesempatan di F1 dan itu telah datang sekarang dan saya jelas bersyukur atas kesempatan itu, dan sekarang saya harus menerimanya dengan sepenuh hati,” ungkap Lawson, dikutip dari laman resmi Formula 1, Sabtu.

Lebih lanjut, Lawson, yang sebelumnya pernah menggantikan Ricciardo pada lima balapan pada tahun 2023 karena cedera, mengaku telah diberi tahu oleh tim bahwa ia akan kembali mengisi kursi kosong yang ditinggalkan sang pembalap Australia untuk enam balapan terakhir musim ini.

Baca juga: Ricciardo pamit dari F1, Liam Lawson isi kursi kosong di RB

Meski senang, Lawson juga mengakui bahwa Ricciardo merupakan sosok yang sangat ia hormati.

“Daniel selalu sangat baik kepada saya, dalam banyak hal ketika saya membalap tahun lalu dan bahkan musim ini. Saya tidak pernah merasa bersaing dengannya, ia tidak pernah membuatnya terasa seperti itu,” ungkap Lawson.

“Ia mengatakan hal yang sama kepada saya, dan ia berkata, 'Anda harus memanfaatkan (kesempatan ini) sebaik-baiknya',” ujarnya menambahkan.

Pembalap berusia 22 tahun itu mengatakan, Ricciardo merupakan seorang pembalap yang begitu profesional dan mencintai olahraga balap mobil ini. Hal itu, menurut dia, terlihat dari bagaimana cara Ricciardo mengatasi balapan terakhirnya di Singapura.

“Saya sangat menghormati cara dia menangani semuanya (di GP Singapura)... Ia mendapatkan banyak pertanyaan (dari banyak orang dan media), dan mencoba menjawabnya dengan sangat baik,” kata Lawson.

Adapun balapan pertama Lawson setelah kembali ke Formula 1 adalah pada Grand Prix Amerika Serikat, yang akan berlangsung pada 18-20 Oktober di Circuit of The Americas di Austin, Texas.

Baca juga: Ricciardo sebut target tim RB adalah finis lima besar di F1 2024
Baca juga: Red Bull sebut adanya kemungkinan Ricciardo masuk ke tim pada 2025

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024