Jakarta (ANTARA) - Markas Besar TNI menggelar puncak peringatan HUT Ke-79 TNI secara terpusat di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu, yang melibatkan total 100.000 prajurit dari tiga matra.

Rangkaian puncak peringatan itu diawali dengan upacara HUT Ke-79 TNI yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo selaku inspektur upacara (irup), sementara yang bertindak selaku komandan upacara ialah Mayjen TNI Djon Afriandi yang sehari-hari berdinas sebagai Komandan Jenderal Kopassus.

Baca juga: Anggota DPR: HUT TNI harus jadi momen dorong kesejahteraan prajurit

Dalam rangkaian upacara, Presiden Jokowi didampingi oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto naik ke atas kendaraan taktis buatan dalam negeri Maung dan mereka mengitari Lapangan Silang Monas untuk mengecek pasukan. Tahun-tahun sebelumnya, pengecekan pasukan biasanya hanya dilakukan pada satu sisi Lapangan Silang Monas, tetapi tahun ini Presiden mengitari Monumen Nasional karena jumlah pasukan yang cukup banyak dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Selepas mengecek pasukan, acara diisi dengan pengucapan Sapta Marga oleh Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo, yang didampingi oleh Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI Hudiarto Krisno Utomo, dan Panglima Komando Operasi Udara II Marsekal Muda TNI Budi Achmadi.

Baca juga: BMKG modifikasi cuaca Jakarta untuk sukseskan HUT Ke-79 TNI

Kemudian, dalam rangkaian upacara, Presiden Joko Widodo juga menyematkan tanda kehormatan Bintang Yudha Dharma Pratama kepada sejumlah perwira TNI, yang diwakili oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi, dan Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III Marsekal Muda TNI Deni Hasoloan S.

Presiden Jokowi saat upacara juga menyematkan tanda kehormatan Samkayanugraha kepada satuan-satuan di lingkungan TNI, di antaranya Grup 1 Kopassus, Batalyon Infanteri 501/Bajra Yudha Kostrad, Kodim 1714/Puncak Jaya, Satsel Koarmada II TNI AL, KRI Frans Kaisiepo-368, KRI Bima Suci-945, Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir, Satbravo 90 Kopasgat TNI AU, Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, dan Skadron 17 Halim Perdanakusuma TNI AU.

Baca juga: HUT Ke-79 TNI, naik Transjakarta-MRT dan LRT hanya Rp1

Di sekitar lokasi upacara, masyarakat dari berbagai daerah Jabodetabek memadati area Monas, tetapi selama upacara berlangsung kunjungan warga ke area lapangan dibatasi. Warga dipersilakan masuk saat upacara berakhir dan rangkaian perayaan HUT diisi dengan defile pasukan dan parade alutsista.

Dalam rangkaian puncak peringatan HUT Ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas, Presiden Jokowi hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, kemudian ada pula Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Menteri Pertahanan/Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: 79 tahun TNI perkuat pertahanan tanpa laras panjang
Baca juga: Transformasi TNI di tengah tantangan geopolitik

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024