Singapura (ANTARA) - Indeks Manajer Pembelian (Purchasing Managers' Index/PMI) Singapura versi S&P Global yang disesuaikan secara musiman berada di level 56,6 pada September, menandakan peningkatan berkelanjutan dalam kondisi bisnis swasta selama 19 bulan beruntun, seperti diungkapkan S&P Global pada Kamis (3/10).

Tingkat pertumbuhannya melambat ke level terendah dalam tiga bulan terakhir, namun tetap menunjukkan angka yang signifikan, tambah S&P Global.

Tingkat akumulasi tersebut merupakan yang tertinggi dalam delapan bulan terakhir, sebagian disebabkan oleh kendala pasokan. Tingkat persediaan juga menurun di tengah memburuknya keterlambatan pasokan.

Harga-harga input terus naik pada bulan lalu seiring perusahaan-perusahaan melaporkan kenaikan biaya bahan baku, transportasi, dan tenaga kerja, namun dengan laju yang moderat dari  Agustus.
 

Meskipun terjadi penurunan dari level tertinggi selama lebih dari tiga tahun terakhir pada Agustus, tingkat kepercayaan di kalangan perusahaan sektor swasta Singapura tetap berada di atas rata-rata jangka panjang dan mencerminkan harapan untuk aktivitas bisnis yang lebih baik

Angka PMI di atas 50 mengindikasikan ekspansi, sedangkan angka di bawah 50 mencerminkan kontraksi.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024