Belgrade, Serbia (ANTARA) - Sedikitnya 14 orang tewas akibat hujan lebat, tanah longsor dan banjir yang melanda Bosnia Herzegovina, kata pejabat setempat pada Jumat (4/10).

Administrasi Perlindungan Sipil mengimbau warga untuk menghindari bepergian di jalan menuju kotamadya Konjic dan Jablanica, serta meminta semua orang mengikuti instruksi dari layanan penyelamatan untuk mencegah jatuhnya korban lebih lanjut.

Banyak warga terpaksa mengungsi karena hujan deras yang menyebabkan sungai meluap dan memicu tanah longsor, sehingga sangat mengganggu aktivitas keseharian warga di Jablanica dan Konjic.

Sementara itu, dilaporkan bahwa jalur utama di wilayah tersebut telah terblokir, yang menghambat upaya penyelamatan.

Angkatan Bersenjata Bosnia dan Herzegovina terjun langsung membantu penduduk sipil yang berisiko terkena banjir.

Menurut Palang Merah Federasi Bosnia dan Herzegovina, lebih dari 20 bangunan tempat tinggal telah hancur, dan kehidupan serta kesehatan ratusan keluarga di Bosnia dan Herzegovina berada dalam bahaya besar.

Selain itu, pihak Kereta Api mengumumkan bahwa terdapat kerusakan serius pada fasilitas kereta api sepanjang 17 kilometer yang menghubungkan ibu kota Sarajevo.

Selain di wilayah utara Herzegovina dan sebagian Bosnia tengah, banjir juga berdampak pada kotamadya Kresevo, Kiseljak, dan Fojnica.

Sumber: Anadolu
Baca juga: Bosnia Herzegovina, Kroasia, Slovenia dalam 'peringatan kuning' cuaca
Baca juga: Bosnia, Serbia keluarkan peringatan soal suhu ekstrem

 

Penerjemah: Primayanti
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024