Seoul (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Korea Selatan Cho Tae-yul, Jumat, mengadakan pembicaraan telepon pertamanya dengan Menteri Luar Negeri baru Jepang, Takeshi Iwaya, untuk membahas hubungan bilateral serta isu-isu regional dan global.

Menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Korea Selatan, dalam percakapan yang berlangsung selama 25 menit itu, Cho menyampaikan ucapan selamat kepada Iwaya atas pelantikannya.

Menlu Cho pun mengusulkan agar kedua belah pihak berkomunikasi erat untuk memperluas kerja sama antara Korea Selatan dan Jepang, kata kementerian tersebut.

Dalam percakapan telepon itu, Iwaya menggambarkan hubungan Seoul-Tokyo sebagai "relasi yang sangat penting" seraya menyatakan bahwa kerja sama bilateral yang erat tidak hanya akan menguntungkan kedua negara, tetapi juga membantu mempromosikan stabilitas dan kemakmuran regional.

Kedua menlu juga sepakat untuk mempercepat persiapan acara yang akan menandai peringatan 60 tahun normalisasi hubungan diplomatik kedua negara tahun depan, kata Kemlu Korsel dalam pernyataannya itu.

Mereka juga menyoroti perlunya kerja sama dalam menangani masalah nuklir dan rudal Korea Utara serta isu-isu regional dan global lainnya.

Iwaya, yang pernah menjabat sebagai menteri pertahanan, ditunjuk sebagai menteri luar negeri setelah pemimpin baru Jepang, Shigeru Ishiba, membentuk kabinet baru pada Selasa (1/10) setelah parlemen mengukuhkan dirinya sebagai perdana menteri.

Hubungan Korea Selatan dan Jepang mengalami peningkatan yang signifikan setelah Presiden Yoon Suk Yeol tahun lalu memutuskan menyelesaikan perselisihan panjang terkait mobilisasi paksa warga Korea oleh Jepang selama masa perang.

Penyelesaian perselisihan itu dilakukan dengan memberikan kompensasi kepada korban tanpa meminta kontribusi dari perusahaan-perusahaan Jepang.

Sumber: Yonhap-OANA

Baca juga: Menlu Korsel, AS, Jepang akan lakukan pertemuan trilateral di New York
Baca juga: Presiden Korsel-PM baru Jepang akan bertemu di Laos


Penerjemah: Primayanti
Editor: Rahmad Nasution
Copyright © ANTARA 2024