Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta periode 2014-2017 Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 3 di Pilkada Jakarta 2024 Pramono Anung-Rano Karno tak menghadiri rapat paripurna DPRD DKI Jakarta karena keliling untuk berkampanye.

"Karena sibuk keliling," ujar dia usai menghadiri rapat paripurna DPRD Provinsi DKI Jakarta, di Jakarta Pusat, Jumat.

Ahok lalu ditanyai pendapatnya oleh awak media terkait hadirnya calon gubernur nomor urut 1 di Pilkada Jakarta 2024 Ridwan Kamil dalam rapat paripurna yang mengagendakan Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Provinsi DKI Jakarta Masa Jabatan 2024-2029.

"Semua orang boleh hadir. Jangan dipersoalkan. Tidak sesuai dengan protokol menyebutkan nama mereka duluan. Secara undang-undang protokol, itu tidak bisa. Mesti disebutkan sebagai tamu biasa," kata dia.

Baca juga: RIDO bakal tata kawasan kumuh melalui Program Kampung Keren 

Ahok juga membahas tentang Ima Mahdiah dari Fraksi PDI Perjuangan yang dilantik sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta untuk masa jabatan 2024-2029. Dia mengaku bangga pada pencapaian Ima sehingga menyempatkan hadir dalam rapat paripurna tersebut.

"Masih mahasiswa dia sudah ikut saya dan bagi saya ini suatu kebanggaan orang yang ikut saya berpolitik hari ini bisa masuk pimpinan. Makanya saya hadir. Kalau kemarin PDI Perjuangan itu nomor satu, saya kira Ima akan jadi Ketua DPRD DKI Jakarta.

Ahok berpendapat, Ima termasuk sosok yang banyak menjalin ikatan dengan masyarakat dan ini, sambung dia diharapkan dapat dilakukan seluruh anggota DPRD DKI.

"Dia banyak melakukan bonding pada masyarakat. Ini yang kita harapkan. Seluruh anggota dewan bukan hanya dekat Pemilu datang ke masyarakat," kata dia.

Baca juga: Heru Budi ajak pimpinan DPRD DKI kuatkan kemitraan

Selain Ahok, rapat paripurna DPRD DKI Jakarta dengan agenda Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Provinsi DKI Jakarta Masa Jabatan 2024-2029 juga dihadiri Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi dan sejumlah tokoh antara lain Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid dan Calon Gubernur nomor urut 1 di Pilkada Jakarta 2024 Ridwan Kamil atas undangan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ketua DPRD DKI Jakarta Khoirudin mengatakan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengundang Ridwan Kamil dan Suswono untuk menghadiri rapat paripurna.

Sementara itu, lima pimpinan DPRD Provinsi DKI Jakarta periode 2024-2029 resmi dilantik dalam rapat paripurna di gedung DPRD DKI Jakarta. Yakni Khoirudin dari Fraksi PKS sebagai Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta dan Ima Mahdiah dari Fraksi PDI-P sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta.

Lalu, Rany Mauliani dari Fraksi Gerindra, Wibi Andrino dari Fraksi NasDem dan Basri Baco dari Fraksi Golkar masing-masing sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta.
Baca juga: DPRD DKI masih kaji KJP bila sekolah gratis diterapkan

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024