Jakarta (ANTARA) - Gelandang bertahan asal Jepang milik Liverpool, Wataru Endo merupakan salah satu pemain Asia yang memiliki karier gemilang di kancah sepak bola internasional.

Endo merupakan salah satu dari banyaknya punggawa Jepang yang berkarier di benua Eropa. Lahir di Yokohama, 9 Februari 1993. Gelandang 31 tahun ini berhasil memikat hati Jürgen Klopp yang saat itu masih melatih Liverpool.

Endo diboyong Liverpool dari klub Bundesliga Jerman, VFB Stuttgart pada tahun 2023, dengan mahar 20 juta Euro atau sekitar 340 miliar Rupiah.

Wataru Endo memulai karier profesionalnya dengan bergabung bersama Shonan Bellmare di tahun 2011. Ia kemudian hijrah ke Urawa Reds di tahun 2016, bersama Urawa Reds, Endo tampil sebanyak 108 laga di semua ajang selama dua tahun sekaligus meraih gelar juara Piala Japanese Legue Cup dan menjadi kampiun Liga Champions Asia.

Performa apiknya di liga domestik mencuri perhatian klub Eropa untuk membawanya ke benua biru, alhasil pada Juli 2018, Endo hijrah ke Eropa dengan bergabung bersama klub asal Belgia, Sint Truidense.

Tak berselang lama setelah bermain di Belgia, setahun kemudian Endo dipinjamkan ke klub Bundesliga, VFB Stuttgart. Penampilannya yang gemilang membuat Pellegrino Matarazzo, selaku pelatih Stuttgart saat itu mempermanenkannya.

Empat musim bersama Stuttgart, dirinya dilirik oleh klub Inggris, Liverpool untuk menggantikan posisi Jordan Henderson yang hijrah ke Liga Arab.

Pada Agustus 2023 dirinya resmi berseragam The Reds di bawah asuhan Jürgen Klopp. Hingga saat ini, Endo total sudah mengemas 46 kali penampilan dengan catatan 2 gol dan 1 assis.

Saat ini, sang samurai Jepang masih terus berusaha untuk mendapatkan posisi utama bersama "The Anfield Gang" dalam setiap musimnya.


Baca juga: Wataru Endo diragukan tampil lawan Sheffield United

Baca juga: Profil Kaoru Mitoma, pemain Jepang andalan Brighton & Hove Albion

Baca juga: Profil Eliano Reijnders, adik bintang AC Milan yang akan membela Timnas

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024