STC 2024 Biak akan diawali dengan kehadiran 15 kapal wisata pesiar (yatch) dimulai 4 Oktober.
Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor, Papua, melalui Dinas Pariwisata setempat menetapkan agenda pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih (STC) berlangsung pada 7-9 Oktober 2024.

"STC 2024 Biak akan diawali dengan kehadiran 15 kapal wisata pesiar (yatch) dimulai 4 Oktober," kata Kepala Dinas Pariwisata Biak Numfor Onny Dangeubun seusai rapat koordinasi dengan forkompimda, di Biak, Jumat.

Onny mengatakan, STC 2024 mengusung tema "transformasi dan inovasi ekonomi biru untuk kesejahteraan Papua".

Kegiatan sebelum seremonial STC, kata Onny, telah melayani kehadiran wisatawan asing dengan 15 kapal wisata pesiar yatch berasal dari berbagai negara hadir di Biak.

Untuk kapal yatch yang sudah sandar di perairan Biak hingga Jumat 4 Oktober, menurut Onny, telah masuk perairan Biak sebanyak 12 kapal wisata.

Saat ini wisatawan asing yang menggunakan kapal yatch yang telah tiba di Biak, kata dia, sedang dilayani proses clearance dari Bea Cukai, Imigrasi dan Karantina Kesehatan dan pihak Kepolisian Resor Biak.

Mengawali STC pada 4-6 Oktober 2024, lanjut Onny, ada kegiatan dilakukan wisatawan dari kapal wisata yatch.

"Kami berharap apa yang dilakukan wisatawan dapat menjadi pintu masuk promosi pariwisata wisata Biak Numfor dan peluang investasi ekonomi potensial," katanya pula.

Kegiatan seremonial STC pada 7-9 Oktober 2024, menurut Onny, akan menampilkan pentas seni budaya Papua,seni budaya Biak serta beberapa kearifan lokal Biak ditampilkan kepada wisatawan asing dan lokal yang hadir di STC, serta kegiatan lain STC ada apel sinergi ekonomi biru dilakukan kapal ikan dan nelayan tradisional dengan kapal motor.

"Pelaksanaan STC 2024 dibuat dengan sederhana, tetapi tetap mengusung konsep inovasi ekonomi biru dan kearifan lokal budaya Kabupaten Biak Numfor," katanya lagi.

Para rapat koordinasi persiapan STC 2024, Pemkab Biak Numfor dan forkopimda serta komandan satuan TNI/Polri dipimpin Pelaksana Tugas Sekda ZL Mailoa.
Baca juga: PHRI harap STC Biak 2024 tingkatkan kunjungan wisata
Baca juga: Dispar-PHRI optimistis kegiatan pariwisata tingkatkan hunian hotel

Pewarta: Muhsidin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024