Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan program pembiayaan produktif Baznas Microfinance Desa (BMD) di Brebes, Jawa Tengah guna membantu para penerima zakat (mustahik) pelaku usaha mikro dalam mengembangkan usahanya.

Pimpinan Baznas Bidang Koordinasi Nasional Achmad Sudrajat memaparkan, BMD adalah program pembiayaan produktif bagi para mustahik dengan prinsip nirlaba dalam rangka pengembangan usaha serta diharapkan jadi solusi dalam meningkatkan penghasilan.

"Baznas Microfinance Desa di Brebes ini adalah bentuk dari layanan keuangan mikro syariah yang dikembangkan Baznas untuk mengentaskan kemiskinan serta memperkuat ekonomi masyarakat desa dengan memberikan akses terhadap pembiayaan produktif, seperti usaha kecil dan menengah, pertanian, peternakan, dan perikanan," katanya dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Melalui bantuan modal yang disalurkan program ini, masyarakat penerima manfaat diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatannya.

"Dana zakat yang disalurkan masyarakat melalui Baznas sangat memberikan manfaat untuk orang-orang yang ingin meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang ekonomi, salah satunya di program BMD ini," imbuhnya.

Achmad mengapresiasi dukungan stakeholder wilayah terkait untuk kelangsungan program DMB di Brebes, salah satunya dengan disediakannya kantor BMD yang berada di kompleks Islamic Centre Pemkab Brebes.

Ke depan, ujarnya, dalam program ini Baznas tidak hanya memberikan dana, tapi penerima manfaat juga akan dibekali pelatihan atau modal usaha sehingga mereka dapat meningkatkan kemandirian dalam mengelola perekonomiannya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Brebes Djoko Gunawan menilai program DMB relevan dengan kondisi masyarakat Brebes yang mayoritas bermata pencaharian sebagai petani dan pelaku UMKM.

"Kami sangat mendukung sekali program ini, karena akan membantu usaha yang masih pemula. Apalagi ini tanpa bunga, akan bermanfaat sekali untuk mengentaskan kemiskinan di Brebes," ujar Djoko.

Baca juga: Baznas-MUI terbitkan buku "Jusuf Kalla Mujahid Perdamaian Dunia"
Baca juga: Ketua Baznas paparkan program pengentasan kemiskinan di Malaysia

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024