Fondasi transformasi ekonomi dan keuangan syariah ke depan ditujukan untuk mencapai produktivitas ekonomi, pemerataan pembangunan, stabilitas ekonomi, dan perlindungan sosial.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memberikan arahan-arahan strategis untuk memperkuat peran ekonomi dan keuangan syariah di masa mendatang.

Wapres mengatakan arah kebijakan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 serta rancangan teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025-2029 diarahkan untuk memperkuat peran ekonomi dan keuangan syariah.

"Sebagai bagian dari transformasi ekonomi inklusif dan berkelanjutan," kata Wapres dalam arahannya saat rapat pleno Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dan Pembukaan Rapat Sinergi Ekonomi dan Keuangan Syariah Nasional, di Auditorium Sekretariat Wapres, Jakarta, Jumat.

Selaras dengan rencana pembangunan nasional, kata dia lagi, Masterplan Ekonomi dan Keuangan Syariah Indonesia (MEKSI) 2025-2029 diharapkan dapat menjadi panduan strategis bagi seluruh pemangku kepentingan dalam menyatukan dan menyinergikan gerak langkah pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional.

Menurut dia, fondasi transformasi ekonomi dan keuangan syariah ke depan ditujukan untuk mencapai produktivitas ekonomi, pemerataan pembangunan, stabilitas ekonomi, dan perlindungan sosial.

Untuk itu, kata Wapres lagi, tugas berikutnya adalah bagaimana memanfaatkan hasil evaluasi kinerja lima tahun sebagai rekomendasi perbaikan dan mewujudkan visi, misi, arah kebijakan, dan program strategis.

Hal itu dilakukan untuk mengoptimalkan pencapaian indikator utama pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di masa mendatang.

"Ini adalah pekerjaan yang tidak mudah, butuh komitmen bersama, dan kelembagaan yang kuat," ujar Wapres.

Untuk itu, Wapres menilai adanya inisiasi transformasi KNEKS menjadi Badan Pembangunan Ekonomi Syariah perlu didukung agar lembaga tersebut dapat bekerja optimal dan melahirkan terobosan dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan.
Baca juga: Wapres akan pimpin rapat pleno KNEKS pada Jumat
Baca juga: Wapres: Ekonomi dan keuangan syariah tumbuh positif 5 tahun terakhir

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024