Jakarta (ANTARA) - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi mengajak pimpinan dan anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta masa jabatan Tahun 2024- 2029 untuk bersinergi serta menguatkan kemitraan secara intensif dan profesional dengan eksekutif.

Menurut dia, dengan sinergi yang baik, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta dapat mewujudkan Jakarta sebagai kota global seperti visi Jakarta dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045.

"Sinergi ini sekaligus meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan akuntabel guna menghasilkan tata kelola pemerintahan yang baik serta berorientasi pada pelayanan publik," kata dia pada rapat paripurna DPRD DKI Jakarta di Jakarta, Jumat.

Heru mengatakan sinergi antara legislatif dan eksekutif ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2024, yakni Jakarta melepaskan statusnya sebagai Ibu Kota Negara (IKN) dan bersiap untuk menjadi pusat perekonomian nasional dan kota global.

Selain tentang sinergi, dia juga membahas tentang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang berlangsung aman dan damai.

Baca juga: DPRD DKI masih kaji KJP bila sekolah gratis diterapkan
Baca juga: Lima pimpinan DPRD DKI periode 2024-2029 resmi dilantik 


Heru menyampaikan kasih kepada seluruh warga Jakarta yang telah melaksanakan hak pilihnya dengan baik dan semua pihak yang turut menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024. "Keberhasilan ini tidak terlepas dari peranan berbagai elemen masyarakat," ujar dia.

Agenda rapat paripurna DPRD DKI Jakarta ini, yakni Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Provinsi DKI Jakarta Masa Jabatan 2024-2029.

Lima pimpinan yang diambil sumpah dan dilantik, yakni Khoirudin sebagai Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta. Kemudian Ima Mahdiah, Rany Mauliani, Wibi Andrino dan Basri Baco sebagai Wakil ketyua DPRD Provinsi DKI Jakarta.

Selain Heru, sejumlah tokoh turut hadir dalam rapat tersebut antara lain Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid serta Gubernur DKI Jakarta periode 2014-2017 Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Selain itu hadir pula calon gubernur nomor urut 1 di Pilkada Jakarta 2024, yakni Ridwan Kamil atas undangan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yang merupakan partai koalisi pendukungnya.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024