Ini harus terus kita perjuangkan, di mana di situ kita perankan protein ikan sebagai protein utama
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong peningkatan konsumsi protein di Indonesia dengan menggandeng mitra-mitra strategis mulai dari kementerian/lembaga, asosiasi, hingga komunitas.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Budi Sulistyo mengatakan KKP bekerja sama dengan 35 mitra untuk mewujudkan generasi emas yang gemar mengonsumsi ikan.

"Kita punya mitra, 35 dari penyedia bahan baku, ibu-ibu Forikan, Forum Peningkatan Konsumsi Ikan, kemudian dari KAI, Kadin, BKKBN, Bapanas. Jadi itu, mitra kami," ujar Budi di Jakarta, Jumat.

Untuk meningkatkan konsumsi protein, kata Budi, KKP telah menyiapkan beberapa strategi, antara lain mengusulkan ikan sebagai protein utama makanan bergizi gratis.

"Ini harus terus kita perjuangkan, di mana di situ kita perankan protein ikan sebagai protein utama," katanya.

Budi menyampaikan masih banyak masyarakat yang beranggapan konsumsi protein ikan hanya berasal dari ikan segar. Menurut Budi, olahan ikan atau Hidrolisat Protein Ikan (HPI) juga dinilai cukup untuk meningkatkan konsumsi protein.

Lebih lanjut, jumlah konsumsi protein di Indonesia terbilang kecil jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara.

Jumlah konsumsi protein di Indonesia berada di level 62,3 gram, di mana standarnya 100 gram. Sementara negara tetangga seperti Kamboja 63,3 gram, Thailand 66,5 gram, Filipina 73,1 gram, Myanmar 78,3 gram dan Vietnam 94,4 gram.

"Kita masih di belakang Kamboja, makanya kita harus berani menyatakan merdeka protein 100 persen," ucap Budi.

Budi menjelaskan, salah satu penyebab konsumsi protein di Indonesia masih rendah lantaran pola makan masyarakat. Oleh karena itu, program makan bergizi gratis yang akan diterapkan oleh presiden terpilih Prabowo Subianto dapat mendorong pola asupan gizi sehat.

Baca juga: KKP sebut pengusaha mulai tertarik bangun pabrik susu ikan
Baca juga: KKP: Susu ikan diharapkan masuk program makan bergizi gratis
Baca juga: Nelayan Kutawaru Cilacap manfaatkan kecerdasan buatan untuk pilah ikan

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024