Jakarta (ANTARA) - Manajemen Mal Ciputra Jakarta menunggu syarat dari Kepolisian untuk melakukan investigasi terkait penyebab kebakaran yang melanda mal tersebut pada Jumat dini hari.

"Ini sedang kita koordinasikan dengan Polsek (Grogol Petamburan)," kata Humas Mal Ciputra Jakarta Rida Kusrida kepada wartawan di Jakarta pada Jumat.

​​​​​​Pihaknya justru sedang menunggu Polsek memberikan syarat-syarat apa saja supaya yang harus dipenuhi. "Karena kami pun ingin cepat investigasi," katanya.

Karena itu, Rida belum dapat membeberkan penyebab kebakaran yang melahap lantai lima dan lantai enam mal tersebut.

"Itu (penyebab kebakaran) kan harus investigasi yang menyampaikan. Saya tidak berwenang. Karena kami saja masih (memasang) 'police line' (garis polisi)," tutur Rida.

Baca juga: Mal Ciputra Jakarta tutup tiga hari usai kebakaran

Namun, Rida mengatakan bahwa api bersumber dari sebuah ruang sewa (tenant) di lantai lima mal.

"Dari lantai lima, dari salah satu 'tenant' resto. Tapi kami tidak bisa menyebutkan nama 'tenant-nya," kata Rida.

Kebakaran itu menghanguskan sejumlah lokasi "tenant" di lantai lima dan lantai enam mal itu.

"Pandangan awal yang pasti kurang dari 10. Jadi besar-kecilnya kebakarannya belum bisa kami sampaikan. Tapi kurang lebih di bawah 10. Itu (kebakaran) fokusnya di lantai lima," tutur Rida.

Selain itu, dampak kebakaran juga juga sedikitnya terjadi pada lantai empat mal, termasuk ekskalator antara lantai lima menuju lantai empat.

"Kalau itu secara otomatis ya. Karena kan untuk keamanan juga listrik harus dipadamkan. Itu otomatis berdampak. Mungkin karena 'sprinkle'-nya nyala, airnya kuat, tekanannya kuat, itu kan pasti berdampak airnya ke beberapa tempat," katanya.

Baca juga: Jumat dini hari, Mall Citraland terbakar

Kerugian material yang diakibatkan oleh kebakaran tersebut masih belum dapat ditaksir oleh pihak mal.

"Masih belum bisa (ditaksir), kan kejadian baru tadi malam. Pastinya kami juga dari hasil investigasi kami akan mengetahui mungkin kurang lebihnya (kerugian) seperti apa," kata Rida.

Sebelumnya, Kepolisian masih menunggu konfirmasi pihak Mal Ciputra Jakarta untuk melakukan investigasi kebakaran.

"Masih nunggu (konfirmasi pihak Mal Ciputra Jakarta). Mungkin ada hari ini. Mereka masih koordinasi dulu itu ke pimpinannya," kata Kanit Reskrim Polsek Grogol Petamburan AKP Aprino Tamara saat dihubungi di Jakarta pada Jumat.

Jika konfirmasi pihak Mal Ciputra Jakarta terkait penyelidikan kebakaran sudah ada, maka Kepolisian akan mengundang Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Bareskrim Polri untuk mendatangi dan menyelidiki lokasi kebakaran.

Baca juga: Polisi periksa dua saksi terkait kebakaran di Mall Citraland Jakarta

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024