Ankara (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araghchi tiba di Beirut, Jumat, di tengah meningkatnya ketegangan dan serangan Israel di Lebanon.

Kantor Berita Nasional Lebanon melaporkan Araghchi disambut Osama Khashab, kepala protokoler Kementerian Luar Negeri Lebanon, di Bandara Internasional Beirut Rafic Hariri.

Perjalanan Araghchi ke Beirut ini merupakan kunjungan pertamanya ke Lebanon sejak ia ditunjuk sebagai menteri luar negeri Iran.

Sementara itu, juru bicara Kemenlu Iran Esmaeil Baghaei menyatakan bahwa delegasi Teheran yang diketuai Menlu Araghchi dijadwalkan bertemu dengan sejumlah pejabat tinggi Lebanon.

Dalam pernyataannya, Baghaei menyebutkan: "Delegasi kami yang dipimpin Menlu Araghchi dan didampingi oleh dua anggota Parlemen dan Ketua Bulan Sabit Merah Iran akan segera bertemu dengan pejabat tinggi Lebanon.”

"Seluruh wilayah di kawasan seharusnya memahami situasi kritis yang dihadapi Lebanon dan implikasinya yang mengerikan bagi masa depan bangsa kita,” katanya menambahkan.

Kendati para pejabat Lebanon belum mengomentari agenda pertemuan dengan Araghchi, para analis memperkirakan pembicaraan akan terfokus pada krisis yang berkembang di sepanjang perbatasan Lebanon-Israel, serta dukungan Iran terhadap Hizbullah dan implikasi geopolitik yang lebih luas.

Anadolu

Baca juga: Biden perintahkan militer AS tembak jatuh rudal Iran yang serbu Israel
Baca juga: RI desak semua pihak menahan diri terkait situasi di Timur Tengah

 

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Rahmad Nasution
Copyright © ANTARA 2024