Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 47.677 warga telah mengikuti pembinaan usaha melalui program Jakarta Entrepreneur (Jakpreneur) yang diselenggarakan oleh Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jakarta Pusat.

"Kami terus mendorong peningkatan kemandirian ekonomi masyarakat dengan berusaha," kata Kepala Suku Dinas PPKUKM Jakarta Pusat, Tienda Damayanti saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Hingga awal Oktober ini, pihaknya telah melakukan pelatihan kewirausahaan (enterpreneurship) kepada 47.677 warga dari delapan kecamatan se-Jakarta Pusat.
 
Tienda menyebutkan, dari jumlah 47.677 tersebut sebanyak 14.629 di antaranya terdata telah memiliki usaha.

Baca juga: Jakpus beri beragam pelatihan UMKM untuk songsong kota global
 
Selain melakukan pembinaan terhadap masyarakat umum, Suku Dinas PPKUKM Jakarta Pusat juga terus mendorong warga yang telah memiliki usaha untuk terus berkembang. Jajarannya juga terus melakukan pendampingan dan pembinaan usaha.
 
Pihaknya juga mengarahkan para pelaku UMKM makanan dan minuman untuk masuk dalam e-order. Hal itu agar mereka bisa ikut dalam proses pengadaan makanan dan minuman dan kegiatan di lingkup pemerintah kota hingga kelurahan di Jakarta Pusat.
 
"Total yang sudah terdaftar di e-order mencapai 512 UMKM. Memang dari jumlah itu ada sekitar 256 yang belum dipesan," kata Tienda.
 
Sebelumnya, Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma telah meminta jajarannya untuk memprioritaskan pemesanan makanan dan minuman konsumsi kegiatan pada UMKM binaan Jakpreneur.

Baca juga: Parekraf Jakarta Pusat latih pelaku ekonomi kreatif pasarkan produk
 
Hal itu sebagai bentuk keberpihakan dan dukungan nyata terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di Jakarta Pusat.
 
Dalam rapat pimpinan yang dilaksanakan pada Selasa (24/9) lalu, Dhany menegaskan terkait evaluasi kelurahan dan kecamatan. Dhany meminta jajarannya untuk mengawasi unit yang menggunakan rekan usaha makanan dan minuman skala besar yang digunakan berulang kali.
 
"Kita ingin ada upaya pemerataan. Kalau untuk urusan rasa, menurut saya produk dari UMKM kita sudah cukup bersaing," kata Dhany.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024