Bursa regional Asia cenderung menguat saat berusaha keluar dari tren pelemahan di tengah meningkatnya tensi konflik di wilayah Timur Tengah
Jakarta (ANTARA) -
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat sore ditutup melemah dipimpin oleh saham- saham sektor teknologi.

IHSG ditutup melemah 47,74 poin atau 0,63 persen ke posisi 7.496,08. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 turun 7,65 poin atau 0,82 persen ke posisi 929,72.

“Bursa regional Asia cenderung menguat saat berusaha keluar dari tren pelemahan di tengah meningkatnya tensi konflik di wilayah Timur Tengah," kata Tim Riset Pilarmas Inveatindo Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Jumat.

Penguatan bursa kawasan Asia terjadi karena pasar merespons indeks aktivitas sektor jasa Amerika Serikat (AS) yang tercatat sebesar 54,9 pada September 2024, atau naik dari 51,5 pada bulan Agustus, dan jauh lebih tinggi dari perkiraan sebesar 51,7.

Pelaku pasar menilai bahwa hal ini menunjukkan peningkatan yang lebih cepat dalam aktivitas bisnis dan pesanan baru.

Selain itu, pasar juga menantikan langkah lanjutan dari kebijakan Perdana Menteri baru Jepang, yang sebelumnya telah menugaskan menteri keuangan untuk mengajukan langkah-langkah yang menargetkan keringanan harga, pertumbuhan ekonomi, dan bantuan bagi rumah tangga berpenghasilan rendah.

Namun demikian, pelaku pasar tetap waspada terhadap kondisi di Timur Tengah karena situasi ini masih menjadi beban bagi pasar keuangan.

Kecemasan pasar muncul seiring dengan kekhawatiran bahwa Israel akan menargetkan serangan terhadap infrastruktur minyak Iran.

Kekhawatiran ini diperkuat oleh komentar Presiden AS, Joe Biden, yang menyebutkan kemungkinan adanya serangan balasan oleh Israel ke kilang minyak Iran, yang berpotensi memicu konflik yang meluas dan melibatkan AS. Serangan tersebut, jika terjadi, tentunya akan menambah kecemasan terkait gangguan pasokan minyak global.

Dari dalam negeri, ketegangan di Timur Tengah masih membayangi pasar keuangan, ancaman serangan terhadap infrastruktur minyak Iran dapat mengganggu pasokan dan memicu kenaikan harga minyak, yang pada gilirannya akan membebani APBN akibat peningkatan harga minyak tersebut.

Kenaikan harga minyak dunia ini juga akan memicu peningkatan belanja subsidi energi dan perlindungan sosial, karena lonjakan harga minyak akan mempengaruhi daya beli masyarakat. Pasar khawatir jika konflik ini berkepanjangan, hal tersebut akan menimbulkan tantangan bagi pemerintah baru dan APBN 2025.

Akibatnya, pemerintah baru kemungkinan akan mempertimbangkan revisi APBN, sejalan dengan penyesuaian asumsi makroekonomi.

Dibuka melemah, IHSG betah di teritori negatif sampai penutupan sesi pertama perdagangan saham. Pada sesi kedua, IHSG masih betah di zona merah hingga penutupan perdagangan saham.
 
Berdasarkan Indeks Sektoral IDX-IC, tiga sektor menguat yaitu dipimpin sektor kesehatan sebesar 0,34 persen, diikuti oleh sektor energi dan sektor infrastruktur yang masing- masing naik sebesar 0,22 persen dan 0,03 persen.
 
Sedangkan, delapan sektor terkoreksi yaitu sektor teknologi turun paling dalam minus 2,02 persen, diikuti oleh sektor properti dan sektor keuangan yang masing- masing turun sebesar 1,00 persen dan 0,96 persen.
 
Saham-saham yang mengalami penguatan terbesar yaitu AYLS, AKSI, RAJA, CITY dan HRTA. Sedangkan saham-saham yang mengalami pelemahan terbesar yakni PANI, TOBA, GOTO, PNLF dan MAPI.
 
Frekuensi perdagangan saham tercatat sebanyak 1.083.728 kali transaksi dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 25,36 miliar lembar saham senilai Rp11,90 triliun. Sebanyak 234 saham naik 333 saham menurun, dan 225 tidak bergerak nilainya.
 
Bursa saham regional Asia sore ini antara lain, indeks Nikkei menguat 68,29 poin atau 0,18 persen ke 38.620,39, indeks Hang Seng menguat 623,35 poin atau 2,82 persen ke 22.736,86, dan indeks Strait Times menguat 11,69 poin atau 0,33 persen ke 3.589,12.
 
Sementara itu, indeks Shanghai (China) libur memperingati hari libur nasional negara tersebut.

Baca juga: IHSG diprediksi variatif seiring sentimen global
Baca juga: IHSG Jumat dibuka melemah 12,04 poin
Baca juga: IHSG ditutup melemah seiring pasar cermati geopolitik Timur Tengah

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024