MLFF sekarang sedang negosiasi dengan Hongaria full team, sampai hari ini masih dinegosiasikan. Kalau yang piloting tetap kita pakai Desember, tetap kita akan operasikan. Tapi manajemennya, operasionalnya lagi dinegosiasi kembali
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, sistem transaksi tol nontunai nirsentuh nirhenti atau Multi Lane Free Flow (MLFF) masih dinegosiasikan dengan Hongaria.
  "MLFF sekarang sedang negosiasi dengan Hongaria full team, sampai hari ini masih dinegosiasikan. Kalau yang piloting tetap kita pakai Desember, tetap kita akan operasikan. Tapi manajemennya, operasionalnya lagi dinegosiasi kembali," ujar Basuki di Jakarta, Jumat.

Untuk piloting atau uji coba awal, Jalan Tol Bali - Mandara menjadi lokasi untuk piloting implementasi MLFF.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut implementasi sistem transaksi tol nontunai nirsentuh nirhenti atau Multi Lane Free Flow (MLFF) dilaksanakan secara bertahap.

  Penerapan MLFF ini untuk tahap awal menggunakan sistem single lane free flow (SLFF), dengan Jalan Tol Bali Mandara sebagai ujicoba awalnya dan berlanjut ke ruas-ruas tol lainnya.

  Ruas ini dipilih sebagai lokasi masa transisi awal dengan mempertimbangkan Lalu-lintas Harian Rata-rata (LHR) yang relatif rendah dan merupakan ruas tersendiri yang tidak terhubung dengan ruas manapun, sehingga dapat mengurangi risiko kegagalan sistemik antar-ruas.

  Sistem MLFF ini menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dan melakukan transaksi melalui aplikasi Cantas yang diintegrasikan dengan data ERI (Electronic Registration and Identification) atau data kepemilikan kendaraan yang dimiliki oleh Korlantas Polri.

  Salah satu manfaat dengan kehadiran sistem transaksi MLFF ini adalah efisiensi biaya operasi dan meminimalkan penggunaan bahan bakar kendaraan.

  Proyek MLFF sendiri masuk ke dalam Program Strategis Nasional (PSN). Penerapan transaksi tol nontunai nirsentuh/Multi Lane Free Flow (MLFF) menjadi terobosan dalam menghemat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

  Selain pemborosan BBM, kemacetan di gerbang tol karena total transaksi harian gerbang tol yang mencapai 4 juta transaksi juga dapat mengakibatkan polusi udara.

Baca juga: Menteri PUPR: Penerapan MLFF di jalan tol dilakukan secara bertahap
Baca juga: Kementerian PUPR usulkan penerapan MLFF berlaku pada Desember 2024


Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024