Surabaya (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur dan Perum Jasa Tirta I sepakat memperkuat Tim Patroli Air dengan menambah sarana prasarana guna memberikan manfaat lebih pada masyarakat.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur Nurkholis dalam keterangannya diterima di Surabaya, Jumat, mengatakan kehadiran Tim Patroli Air sangatlah penting.
 
"Tidak hanya berpatroli maupun pemasangan patok (imbauan bagi warga di bantaran), tapi ada hal yang bermanfaat diberikan pada masyarakat," kata Nurkholis saat mengikuti Tim Patroli Air Terpadu Provinsi Jatim.

Baca juga: Pegiat lingkungan: Normalisasi sungai Surabaya rusak tanaman mangrove
 
Pria yang juga Pj Bupati Pasuruan tersebut tak hanya menjanjikan adanya penambahan perahu, namun meminta agar di jajaran DLH Jatim juga perlu menambah jumlah Penyidik Pegawai Negeri Sipil Lingkungan Hidup.
 
"Paling tidak setahun ada satu atau dua orang yang bisa disekolahkan untuk menjadi PPNS. Ini juga menjadi hal penting," tuturnya.
 
Nurkholis mengusulkan untuk dapat mengetahui pipa pembuangan limbah industri yang berada di dalam air sungai agar diadakan kembali flushing atau penggelontoran di Kali Surabaya.
 
"Kita perlu mengetahui apa saja yang ada di dalam sungai, termasuk buangan limbah industri dan sampah domestik. Penggelontoran ini tentunya sangat efektif," ujarnya.
 
Kepala Divisi Wilayah Sungai Brantas Perum Jasa Tirta I Hermawan Cahyo Nugroho menyatakan pihaknya mengupayakan untuk bisa menambah perahu tahun depan.
 
Sementara menanggapi usulan flushing, Hermawan menjelaskan untuk penggelontoran sungai tentunya harus ada kajian studi yang komprehensif terlebih dahulu.
 
"Penggelontoran ini akan banyak dampak yang terjadi. Misalnya, banyak bangunan dan rumah di tepi bantaran atau jembatan bisa tergerus aliran air yang sangat deras," ungkapnya.

Baca juga: Pemkot Surabaya pasang penyaring sampah sungai di lima titik

Baca juga: Tumpukan sampah plastik tutupi Sungai Kalianak Surabaya
 
Selain itu, pengosongan air di Kali Surabaya juga berdampak pada PDAM dan industri pemanfaat air permukaan tidak bisa berproduksi dalam beberapa hari.
 
"Sektor industri belum tentu memiliki cadangan air untuk produksi. Seperti PDAM Surabaya, jika di Karangpilang dan Jagir tidak produksi, masyarakat Surabaya juga akan terdampak tidak mendapatkan pasokan air bersih dalam beberapa hari," ujarnya.
 
Untuk saat ini, lanjutnya, paling efektif dilakukan, yaitu pengerukan sungai menggunakan alat berat untuk mengurangi sedimentasi yang tiap tahun selalu bertambah, maupun mengambil eceng gondok.
 
"Jika memang semua pihak keinginan bersama untuk perbaikan atau pengembalian fungsi sungai, ya bertahap harus bisa. Untuk merawat sungai memerlukan keterlibatan semua pihak," katanya
 
Terlebih, lanjut dia, pihak swasta yang ada di sepanjang sungai yang mengambil air dan membuang limbah belum berkontribusi optimal untuk pelestarian sumber daya air di Kali Surabaya.
 
"Seharusnya Corporate Social Responbility (CSR) mereka juga disalurkan untuk perbaikan dan merawat sungai. Misalnya, mengerahkan alat berat untuk mengeruk sedimentasi atau membersihkan sampah sungai di sekitar perusahaan. Jika itu bisa dilakukan, tentunya dengan izin, kelestarian Kali Surabaya akan jauh lebih baik," katanya.

Baca juga: Pemkot Surabaya gencarkan patroli cegah PKL jualan di atas saluran
 
Direktur Konsorsium Lingkungan Hidup, Imam Rochani menambahkan selama 2024, tim menemukan ada beberapa industri yang telah membuang limbah ke Kali Surabaya. Bahkan, ada yang telah masuk proses sanksi administratif, seperti PT Dayasa Aria Prima. Pabrik kertas di Driyorejo Gresik itu diketahui sudah beberapa kali mendapatkan surat peringatan.
 
"Saat ini Dayasa sudah masuk proses sanksi administratif oleh DLH Jatim," ungkapnya.
 
Selain patroli air, Imam menyampaikan bahwa PJT I juga bersedia memfasilitasi identifikasi Kali Surabaya lebih lengkap.
 
"Di luar agenda patroli, dalam waktu dekat ini tim akan melakukan identifikasi Kali Surabaya. Tak hanya memantau industri, tapi juga identifikasi bantaran, perahu tambangan sampai titik sampah dan dan saluran drainase," katanya.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024