Jakarta (ANTARA) - PB ABTI mengirim timnas bola tangan Indonesia bertanding di 3rd Men-Women Youth Beach Handball Championship yang berlangsung di Bangkok, Thailand pada 16-25 Oktober.

Dalam keterangan resmi, Jumat, Ketua Umum PB ABTI Zulfydar Zaidar Mochtar mengatakan akan memberikan jam terbang lebih banyak kepada tim Merah Putih untuk meningkatkan prestasi para atlet menuju pentas dunia, baik menggelar kejuaraan tingkat nasional, internasional maupun mengirim tim putra dan putri ke berbagai kejuaraan internasional.

"PB ABTI akan mengirim atletnya tampil di 3rd Men-Women Youth Beach Handball Championship di Bangkok, 16-25 Oktober 2024. Selanjutnya tahun 2025, ada POPNAS di Aceh, POMNAS di Jateng, Kejurnas di Kalbar, dan persiapkan atlet menuju SEA Games Thailand," kata Ketua Umum PB ABTI Zulfydar Zaidar Mochtar.

Menurut Zulfydar pada pelaksanaan pertandingan di PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang digelar di GOS Meulaboh, Aceh pada 10 - 18 September berjalan lancar untuk kategori indoor. Begitu juga dikategori beach yang berlangsung meriah di pantai Suak Ribbe, Aceh Barat.

Untuk meningkatkan regenerasi atlet, PB ABTI langsung berupaya dengan memberangkatkan atlet bola tangan pantai junior tampil di Thailand dengan harapan prestasi bola tangan pantai terus berkembang setelah meraih medali perunggu di ASEAN pada 2022 dan Kejuaraan Asia 2023 untuk timnas putri. Sedang di putra, Indonesia kini masuk peringkat tujuh dengan mengalahkan Kuwait, China, dan Thailand.

Prestasi yang cukup membanggakan itu, kata Zulfydar, harus terus dikembangkan secara optimal.

Baca juga: PB-ABTI: 100 persen peserta seleksi SEA Games 2025 dari PON Aceh-Sumut

Zulfydar mengatakan sejak memimpin cabang olahraga bola tangan pada 2022 belum pernah mendapat bantuan dari pemerintah dalam hal ini Kemenpora. Bahkan setiap menempa maupun saat akan mengirim atlet tampil di berbagai kejuaraan internasional sudah mengajukan surat maupun proposal yang ditentukan.

"Surat maupun proposal yang diajukan PB ABTI pada Menpora terhadap pengirim atlet ke berbagai event internasional belum pernah ada tanggapan atau dukungan. Untuk itu dalam persiapan menuju SEA Games Thailand 2025 seharusnya ada dukungan dari pemerintah untuk persiapan atlet latihan atau pelatnas," ujar Zulfydar

Zulfydar berharap memperoleh dukungan dari Kemenpora saat tim nasional bola tangan akan tampil di Kejuaraan Asia pada Desember di Thailand.

"Minimal dukungan itu turun dalam mempersiapkan atlet atau pelatnas menuju event yang akan diikuti," kata Zulfydar.


Baca juga: Ikut AUG 2024, Ketum PB ABTI sebut bola tangan catat sejarah
Baca juga: KONI: Olahraga bola tangan pantai disiapkan untuk PON XXII di NTT-NTB

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024