Sebagai patriot dan kesatria bangsa, senantiasa menjaga, mendukung, dan membela ideologi negara pancasila
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengatakan TNI telah berhasil menjaga kedaulatan dan keutuhan bangsa selama 79 tahun.

"Sebagai patriot dan kesatria bangsa, senantiasa menjaga, mendukung, dan membela ideologi negara pancasila," kata Hadi dalam video ucapan selamat ulang tahun Ke-79 untuk TNI yang diunggah di akun Instagram resmi milik TNI @puspentni yang dikutip ANTARA di Jakarta, Jumat.

Menurut Hadi yang juga pernah menjabat sebagai Panglima TNI, keberhasilan TNI menjaga kedaulatan dan keutuhan bangsa dipicu banyak hal.

Salah satu pemicu-nya yakni sifat modern dan adaptif yang dimiliki TNI. Dua sifat ini dinilai dapat membentuk TNI untuk bisa relevan dalam menghadapi berbagai tantangan zaman.

Hal tersebut bisa dilakukan karena TNI giat melakukan modernisasi alat utama sistem senjata (alutsista), memberikan pendidikan yang relevan dengan perkembangan zaman kepada prajurit serta adaptif dalam berbagai situasi konflik geopolitik dunia.

Di usia yang memasuki ke-79 ini, Hadi berharap TNI dapat terus meningkatkan pengabdian-nya kepada negara dengan cara memperkuat pertahan serta menjaga kedaulatan bangsa.

"Teruslah pegang teguh Sapta Marga, sumpah prajurit serta 8 wajib TNI untuk mewujudkan TNI Prima, Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif. Profesionalisme TNI untuk rakyat, karena TNI profesional kebanggaan rakyat, tingkatkan selalu sinergi untuk negeri," tutur Hadi.

Baca juga: HUT Ke-79, Panglima kembali tekankan visinya wujudkan TNI PRIMA

Baca juga: HUT Ke-79 TNI, Panglima dan jajaran petinggi ziarah ke TMP Kalibata

Baca juga: Panglima pastikan persiapan acara HUT ke 79 TNI capai 100 persen


Untuk diketahui TNI akan berusia 79 tahun pada 5 Oktober 2024. Beberapa pihak pun telah mengucapkan apresiasi-nya terhadap TNI dan harapannya di usia yang ke-79.

Salah satunya datang dari Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono.

"Bersama rakyat, TNI siap mengawal sukses kepemimpinan nasional menuju Indonesia Maju," kata Tonny dalam video ucapan selamat ulang tahun untuk TNI yang diunggah di akun instagram resmi TNI AU @militer.udara, yang dipantau di Jakarta, Rabu (2/10).

Dalam video tersebut, Tonny mengatakan bahwa TNI sedari awal telah menjadi ujung tombak dalam menjaga kedaulatan dan mempertahankan negara. Hal tersebut dilakukan TNI dengan penuh dedikasi demi tetap bersatunya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tonny kembali menegaskan bahwa hingga saat ini pun TNI tetap berupaya melindungi kedaulatan negara dengan meningkatkan kekuatan pertahanannya.

"TNI terus membuktikan diri sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir pertahanan bangsa yang selalu siaga dalam menghadapi setiap tantangan yang muncul," ujar dia.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024