"Yang jelas kalau Gerindra 'kan Ahmad Muzani, PDI Perjuangan kalau enggak salah Bambang Pacul (Bambang Wuryanto), lalu Partai Golkar Kahar Muzakir, PKB Rusdi Kirana, PAN Eddy Soeparno, PKS Hidayat Nur Wahid, NasDem Lestari Moerdijat,"
Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin, Kamis (3/10), telah menjadi sorotan publik, mulai dari terpilihnya Ketua MPR yang baru, dibentuknya tiga Alat Kelengkapan MPR yang baru, sampai kesiapan debat tiga calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada DKI Jakarta.

Berikut lima berita pilihan ANTARA yang menarik untuk kembali dibaca:

1. Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, menyetujui Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra menjadi Ketua MPR RI Periode 2024-2029 menggantikan Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR RI periode 2019-2024.

Selain itu, Sidang Paripurna tersebut juga menyetujui delapan Pimpinan MPR RI lainnya untuk dilantik. Sebelumnya, pada periode 2019-2024, Muzani menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI.

Selengkapnya baca di sini

2. Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep meminta masyarakat untuk terlebih dahulu melihat rekam jejak calon wali kota dan wakil wali kota sebelum menentukan pilihan pada pelaksanaan pemungutan suara Pilkada 2024.

Dalam kunjungan konstituen di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis, Kaesang berpandangan bahwa calon wali kota dan wakil wali kota yang baik, yakni tidak mempunyai catatan kasus hukum.

Selengkapnya baca di sini

3. Tiga calon gubernur dan calon wakil gubernur di Pilkada DKI Jakarta menyatakan siap menghadapi debat perdana dengan tema "Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global" di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Minggu (6/10).

Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil mengaku sudah beberapa kali menyampaikan ide dan gagasan di hadapan pasangan calon lainnya. Terutama saat dirinya maju sebagai calon wali kota Bandung dan calon gubernur Jawa Barat.

Selengkapnya baca di sini

4. Ketua Fraksi Partai Gerindra MPR RI Habiburokhman membeberkan susunan pimpinan MPR RI periode 2024—2029 yang akan ditetapkan dalam Sidang Paripurna Ke-3 dengan agenda penetapan pimpinan MPR RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis.

"Yang jelas kalau Gerindra 'kan Ahmad Muzani, PDI Perjuangan kalau enggak salah Bambang Pacul (Bambang Wuryanto), lalu Partai Golkar Kahar Muzakir, PKB Rusdi Kirana, PAN Eddy Soeparno, PKS Hidayat Nur Wahid, NasDem Lestari Moerdijat," kata Habiburokhman.

Selengkapnya baca di sini

5. Sidang Paripurna Pelantikan MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, menyetujui pembentukan tiga badan atau Alat Kelengkapan MPR yang baru sesuai Tata Tertib MPR RI.

Tiga Alat Kelengkapan MPR yang telah disetujui untuk dibentuk itu yakni Badan Sosialisasi MPR, Badan Pengkajian MPR, dan Badan Penganggaran MPR RI.

Selengkapnya baca di sini

 

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024