Istanbul (ANTARA) - Liga Arab mengadakan pertemuan darurat di Kairo pada Kamis untuk membahas serangan Israel yang sedang berlangsung di Lebanon, di tengah meningkatnya ketegangan regional.

Pertemuan tersebut diusulkan oleh Irak untuk membahas eskalasi militer Israel terhadap Lebanon, dampak kemanusiaannya, dan cara menyediakan bantuan medis serta makanan bagi warga yang terdampak, menurut laporan kantor berita Mesir MENA.

Negara-negara Liga Arab juga akan mendiskusikan seruan bagi masyarakat internasional "untuk mendukung rakyat Lebanon dan bekerja sama dengan organisasi internasional untuk memberikan bantuan secepat mungkin".

Sejak 23 September 2024, Israel melancarkan serangan udara besar-besaran yang menargetkan kelompok Hizbullah di Lebanon. Serangan Israel menewaskan lebih dari 1.100 korban dan melukai lebih dari 2.950 orang lainnya, menurut Kementerian Kesehatan Lebanon.

Serangan udara tersebut menandai eskalasi lebih lanjut dalam setahun perang lintas batas antara Israel dan Hizbullah sejak dimulainya serangan brutal Tel Aviv di Jalur Gaza, yang telah menewaskan hampir 41.800 korban sebagai balasan atas serangan kelompok Palestina, Hamas, tahun lalu.

Sedikitnya 1.928 korban tewas, lebih dari 9.200 orang terluka, dan 1,2 juta lainnya mengungsi, menurut otoritas Lebanon.

Masyarakat internasional telah memperingatkan bahwa serangan Israel di Lebanon dapat meningkatkan konflik Gaza menjadi perang regional yang lebih luas.

Sumber: Anadolu

Baca juga: PM Lebanon tegaskan perang dengan Israel bakal rugikan semua pihak
Baca juga: Slovenia minta Netanyahu setop perang
Baca juga: 20 negara minta bantuan Turki untuk evakuasi warganya dari Lebanon
Baca juga: Sekjen PBB: Hindari perang habis-habisan di Lebanon
Baca juga: UNHCR: 100.000 ribu warga menyelamatkan diri dari Lebanon ke Suriah


Penerjemah: Yashinta Difa
Editor: Primayanti
Copyright © ANTARA 2024