Jakarta (ANTARA) - Satria Muda Pertamina Jakarta mengamankan Game 1 Final IBL All Indonesian 2024 dengan kemenangan 80-76 atas Pelita Jaya Jakarta di Hall Basket Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis, lewat perlawanan di babak kedua.

Satria Muda, yang kalah oleh Pelita Jaya di final IBL 2024, awalnya tertekan oleh lawannya dengan tertinggal sampai 11 poin di babak pertama.

Pelita Jaya lebih dominan di babak pertama dengan tiga tembakan jarak jauh yang dilesakkan oleh Andakara Prastawa. Namun, tim asuhan Youbel Sondakh memberikan perlawanan dan berhasil memperkecil margin ketertinggalan menjadi tinggal tiga angka saja, 40-43, saat turun minum.

Pada kuarter ketiga, Satria Muda berhasil menahan Pelita Jaya mencetak poin terendahnya dalam satu kuarter selama pertandingan, yakni hanya 15 poin, setelah mereka unggul di dua kuarter awal dengan torehan 21 poin dan 22 poin.

Pada kuarter tersebut, Satria Muda berhasil membuat jarak terjauhnya dengan 6 poin dari Pelita Jaya. Pelita Jaya merespons di kuarter terakhir dengan berhasil kembali unggul walau hanya tiga poin.

Baca juga: Ali Bagir usung misi balas dendam di Final IBL All Indonesian

Pertarungan paling sengit terjadi di kuarter empat di mana terjadi empat kali skor imbang dan enam kali perubahan keunggulan. Namun, Satria Muda yang lebih konsisten dengan mencetak 20 poin di kedua kuarter terakhir berhasil mengamankan kemenangan 80-76.

Abraham Damar Grahita menjadi bintang Satria Muda malam ini dengan mencetak skor tertinggi, yakni 19 poin, dengan empat tembakan tripoin akurasi 50 persen.

Julian Chalias menambahkan 12 poin dan memberikan kontribusi pertahanan paling signifikan dengan 15 rebound. Sementara Avan Seputra menambahkan 11 poin untuk Satria Muda.

Di Pelita Jaya, Muhamad Arighi mencetak skor tertinggi bagi timnya dengan 15 poin, diikuti oleh Brandon Jawato 12 poin dan 11 rebound. Andakara Prastawa mencetak 11 poin, namun seluruhnya hanya dicetaknya di babak pertama.

Dengan kemenangan ini, Satria Muda tinggal mengamankan satu kemenangan lagi untuk menjuarai turnamen pramusim IBL All Indonesian 2024. Namun, kemenangan SM tidak menjamin mereka menjadi juara karena hal serupa juga terjadi di final IBL 2024, namun Pelita Jaya menjadi juara dengan dua kemenangan beruntun setelahnya.

Baca juga: Adu strategi pelatih lokal di Final IBL All Indonesian

Baca juga: Pelita Jaya hadapi Satria Muda dalam Final IBL All Indonesian

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024