Karena itu BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di 5 wilayah di Sulsel dan kondisi cuaca ini diprediksi dapat meluas ke Makassar
Makassar (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar melansir 5 wilayah di Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalami kondisi cuaca ekstrem.

"Karena itu BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di 5 wilayah di Sulsel dan kondisi cuaca ini diprediksi dapat meluas ke Makassar," kata Prakirawan BMKG Wilayah 4, Makasssar, Kamis.

Baca juga: BPBD: Waspada cuaca ekstrem di Natuna pada 9-11 Juni

Dia mengatakan, peringatan dini cuaca wilayah Sulawesi Selatan yang dikeluarkan BMKG itu dinilai berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang, hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Menurut keterangan BMKG, cuaca ekstrem diprediksi terjadi di 5 wilayah Sulsel, yakni Kabupaten Jeneponto, Takalar, Gowa, Pangkajene dan Kepulauan, dan Barru.

Kondisi tersebut juga berpotensi meluas ke wilayah Makassar, yakni Mariso, Mamajang, Makassar, Ujung Pandang, Wajo, Bontoala, Tallo, Ujung Tanah, Panakkukang, Tamalate, Biringkanaya, Manggala, Rappocini, Tamalanrea, dan sekitarnya.

Baca juga: BPBD Natuna: Gunung Ranai berpotensi longsor

Sementara itu, khusus di Kota Makassar mulai diguyur hujan ringan di beberapa titik di antaranya sebagian wilayah AP Pettarani, Daya dan Sudiang.

Sementara di Sulsel yang diprediksi mengalami cuaca ekstrem yakni untuk Kabupaten Jeneponto di Kecamamtan Bangkala Barat. Kabupaten Takalar di Mangarabombang, Polombangkeng Selatan dan Polombangkeng Utara.

Sementara di Kabupaten Gowa di wilayah Biringbulu, Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan di wilayah Pangkajene, Bungoro, Labakkang, Marang, Segeri, Minasa Tene dan Mandalle, Kabupaten Barru di wilayah Tanete Riaja, Tanete Rilau, Pujananting, dan sekitarnya.

Baca juga: BMKG: Waspada banjir rob hingga 16 Maret di perairan NTT
 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024